Dark/Light Mode

Jokowi Setuju Pemilu Digelar April 2024

Isu Presiden Sampai 2027 Jadi Tutup Buku

Kamis, 23 September 2021 08:05 WIB
Presiden Jokowi menegaskan mendukung Pemilu digelar April 2024. (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi menegaskan mendukung Pemilu digelar April 2024. (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain isu 3 periode, Presiden Jokowi juga digoyang isu perpanjangan jabatan presiden sampai 2027. Namun, Jokowi menegaskan, dirinya mendukung Pemilu digelar April 2024. Sikap Jokowi ini bikin isu perpanjangan jabatan tutup buku.

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat bertemu Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan Persatuan (PKP) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pagi kemarin.

Adalah Sekretaris Jenderal PKP Said Salahudin yang membocorkan hasil pertemuan tersebut. Dia bilang beberapa kesamaan pandang antara Presiden dengan partainya.

Baca juga : Tito Buyarkan Wacana Jokowi Sampai 2027

Salah satunya adalah soal jadwal Pemilu 2024. Jokowi dan partainya sepakat agar pemilu digelar pada April. Sebagaimana pemilu-pemilu sebelumnya.

“Presiden sepakat dengan PKP agar Pemilu tetap diselenggarakan di April 2024. Presiden akan memanggil Mendagri untuk membicarakan mengenai hal tersebut,” kata Said, kemarin.

Untuk diketahui, untuk urusan jadwal Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum kompak. KPU mengusulkan Pemilu digelar 21 Februari 2024. Alasan mereka agar ada jarak waktu dengan pagelaran Pilkada serentak yang akan digelar 27 November 2024.

Baca juga : Parpol Dianggap Gagal Bikin Rakyat Jatuh Cinta

Sedangkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengusulkan, Pemilu tetap digelar April 2024 seperti tahun-tahun sebelumnya. Alasannya masalah polarisasi dan stabilitas.

Tito meminta, semua pihak tak khawatir dengan usul memundurkan waktu pelaksanaan dari Februari menjadi April atau Mei. Tito menyebut mundurnya waktu pemilu tersebut tak akan mengganggu gelaran Pilkada yang dijadwalkan November 2024.

Bagaimana tanggapan DPR soal permintaan Jokowi Pemilu digelar 2024?

Baca juga : Jokowi Sebut PPKM Mikro Di Daerah Masih Sporadis

Wakil Ketua Komisi II DPR, Jumimart Girsang mengatakan, pihaknya memiliki pandangan yang sama dengan pemerintah agar Pemilu tidak digelar Februari. DPR bahkan mengusulkan digelar Mei.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.