Dark/Light Mode

Saksi Sebut PT Tricore Ikut Bermain Saham Asabri

Selasa, 28 September 2021 14:20 WIB
Persidangan kasus dugaan korupsi PT Asabri, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (28/9/21)
Persidangan kasus dugaan korupsi PT Asabri, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (28/9/21)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur PT FAC Sekuritas Indonesia, Amrin Tarigan menyebut, PT Tricore Kapital Sarana ikut membeli saham PT Aneka Tambang (Persero) Tbk yang melantai di bursa dengan kode ANTM.

Amrin menjelaskan, pembelian dilakukan Kepala Divisi Investasi PT Asabri (Persero) Ilham W Siregar, yang diduga pemilik PT Tricore. Transaksi pembelian dilakukan melalui PT FAC Sekuritas, dimana PT Tricore menjadi nasabahnya.

"PT Tricore memiliki selisih split Rp 6 miliar. Betul?," tanya Hasbullah selaku tim kuasa hukum mantan Direktur Keuangan dan Investasi PT Asabri Hari Setianto.

Baca juga : Saksi dari Polri Ini Akui Kenalkan AKP Robin Ke Azis Syamsuddin

Menjawab itu, Amrin mengaku lupa. Tapi dia sudah menjelaskan semua dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Disebutkan dalam BAP, PT Tricore Kapital Sarana melakukan pembelian saham ANTM tanggal 23 Maret 2016 senilai Rp 44 miliar. Dengan broker PT MNC Sekuritas.

Kemudian pada hari yang sama, dilakukan penjualan saham ANTM dengan lawan broker NH Korindo Sekuritas.

Total penjualan saham Rp 50 miliar. Dengan demikian, PT Tricore mendapat untung dalam waktu singkat sebesar Rp 6 miliar. "Detailnya saya lupa, tapi kalau di BAP betul," tutur Amrin menegaskan isi BAP-nya.

Baca juga : Tinjau PTM Terbatas Di Bogor, Ini Pesan Wapres

Selain itu, Amrin juga menjelaskan, keuntungan yang diperoleh PT Tricore pada tahun 2016 dari jual beli saham ANTM sebesar Rp 397 miliar. "Ditotal general sesuai dengan BAP saya betul,” timpal Amrin.

Kemudian masih dalam BAP Amrin, dijelaskan bahwa PT Tricore Kapital kerap membeli saham ANTM dengan negosiasi di bawah harga pasar. Sementara penjualan dilakukan di atas harga pasar.

Menanggapi keterangan itu, terdakwa Hari Setianto mengkonfirmasi keuntungan yang diperoleh PT Tricore. Terutama dalam transaksi jual beli pada tanggal 22, 23, dan 24 Maret sebesar Rp 44 miliar. "Jadi sehari ada keuntungan 6 miliar?" tanya Hari. "Iya betul," jawab Amrin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.