Dark/Light Mode

Daerah PPKM Level 1 Jangan Lalai Ingat Ya...Virus Corona Masih Ada

Rabu, 6 Oktober 2021 08:00 WIB
Daerah yang sudah masuk PPKM Level 1 jangan lengah. (Foto: lawancovid19_id).
Daerah yang sudah masuk PPKM Level 1 jangan lengah. (Foto: lawancovid19_id).

 Sebelumnya 
Menurut @drpriono1, PPKM level 1 hanya layak diberikan kepada daerah yang memenuhi tiga prasyarat. Pertama, jumlah vaksinasi lan­sia dosis lengkap di atas 80 persen. Kedua, tes-lacak-isolasi sudah andal. Ketiga, tingkat kepatuhan penduduk memakai masker di atas 80 persen. “Setiap pelonggaran adalah tang­gung jawab yang lebih besar,” ujarnya.

“Betul Pak, tolok ukur PPKM yang sebe­narnya adalah capaian vaksinasi,” sambung @Ismailsonny1. “Rasanya sudah level 1 kalau diliat arus mobil yang macet mau masuk dan keluar dari mall,” tambah @Smita_Noto.

Baca juga : Waspada Potensi Kasus Virus Corona Naik Lagi

Akun @Vanilladuren menyarankan, untuk daerah PPKM Level 1 bisa diuji coba sekolah tatap muka dengan kapasitas 75 persen-100 persen. Soalnya, kantor/pabrik kritikal dan esensial sudah mulai dicoba juga dengan kapasitas karyawan 100 persen.

“Kalau mereka bisa, kenapa sekolah tidak. Tentu tetap menggunakan sistem shift,” tutur dia.

Baca juga : Dubes Jerman Ina Lepel, Ucapkan Hari Penyatuan Jerman Via Sosmed

Akun @ZulfadlanZN justru merasa aneh dengan penurunan level Kota Blitar. Capaian vaksinasi DKI Jakarta sudah melebihi target nasional, tapi tidak juga masuk daerah PPKM Level 1. “Jakarta sudah lebih 100 persen ng­gak jadi level 1? Kenapa Blitar?” tanyanya.

Akun @leeivy509 mengingatkan masyarakat Blitar berhati-hati dengan kerumunan. Jangan terbawa euforia dengan menggelar acara yang mendatangkan orang banyak. “Kita belajar dari negara-negara tetangga,” katanya. “Pasti akan ada sesuatu di Blitar. Semacam kerumu­nan,” sambung @diamdanmelawan. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.