Dark/Light Mode

Dimas Oky Nugroho: Pelatihan Kader Bangsa Siapkan Anak Muda Untuk Regenerasi Kepemimpinan

Minggu, 10 Oktober 2021 14:08 WIB
Course Leader dan Founder Kader Bangsa Fellowship Program, Dimas Oky Nugroho, saat menutup penyelenggaraan acara KBFP Angkatan 9 dengan tema ‘Menyongsong Era Transformasi dan New Normal, Menuju Generasi Baru Kepemimpinan Indonesia’, Jumat (8/10). (Foto: Ist)
Course Leader dan Founder Kader Bangsa Fellowship Program, Dimas Oky Nugroho, saat menutup penyelenggaraan acara KBFP Angkatan 9 dengan tema ‘Menyongsong Era Transformasi dan New Normal, Menuju Generasi Baru Kepemimpinan Indonesia’, Jumat (8/10). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dengan berakhirnya sekolah kepemimpinan KBFP Angkatan 9, Dimas meminta para pemimpin muda untuk bersinergi dan mengkolaborasikan ide-ide produktif yang tidak hanya bermanfaat pada individu atau kelompok. Tapi juga, bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

"Saat ini kita sudah tidak bisa bekerja dengan ego sektoral, ini saatnya anak muda berkolaborasi dan bersinergi untuk memanfaatkan dan memaksimalkan peluang puncak bonus demografi di 2030 mendatang," tegasnya.

Targetnya, kata dia, adalah Indonesia menjadi lebih baik, lebih damai, toleran, dan bersatu, demokratis. "Juga lebih maju dan sejahtera sebagaimana janji proklamasi harus bisa kita wujudkan secara bersama," tambah Dosen Pascasarjana Universitas Airlangga ini.

Baca juga : Lewat Moderasi Beragama Anak Muda Berperan Penting Memperkuat Persatuan Bangsa

Dia juga mengingatkan ,untuk memaksimalkan peluang yang dimiliki anak muda dibutuhkan dukungan oleh seluruh stakeholder untuk membangun ekosistem anak muda yang kreatif dan inovatif menuju era perubahan.

Pemerintah harus lebih bekerja keras dan memberikan ruang lebih besar terhadap anak muda. Termasuk, dalam hal kepemimpinan, pemerintahan dan sosial politik, sosial ekonomi seperti wirausaha dan UMKM, dan sosial budaya, agar lebih produktif dan berkelanjutan melalui kebijakan yang konkrit.

"Hal ini juga diharapkan dapat menjadi jawaban terkait upaya peningkatan kapasitas, akses lapangan pekerjaan dan ancaman ketimpangan sosial yang terjadi akibat pandemi dan disrupsi," tutupnya.

Baca juga : Jasa Raharja Siapkan Rp 50 Juta Untuk Korban Meninggal Kecelakaan Di Tol Cipali

Sekolah pemimpin muda Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) adalah program eksklusif pertemuan dan pelatihan kepemimpinan dan kebangsaan yang menghadirkan pemimpin muda berbagai latar belakang serta para pembicara utama.

Baik dari tokoh pemerintahan, wirausaha, dan masyarakat sipil. Sejak 2011, KBFP dilaksanakan secara reguler untuk memperkuat kapasitas, integritas, serta loyalitas kebangsaan para pemimpin muda yang dilaksanakan secara hybrid dengan dukungan platform forum online Kaskus dan Pertamina serta disiarkan oleh Kaskus TV.

Pertemuan pemimpin muda nasional ini dibuka oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Komisaris Utama Pertamina Wishnutama Kusubandio, Pemikir Kebangsaan Yudi Latif, Aktivis Haris Azhar dan Adnan Topan Husodo.

Baca juga : Kemendagri Harap Pemda Prioritaskan Anggaran Untuk Program Pamsimas

Kemudian, CEO GDP Venture Martin Hartono, Pimpinan Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho hingga Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun.

Pertemuan dan pelatihan 100 pemimpin muda dari Aceh sampai Papua ini ditutup oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Jumat (8/10). [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.