Dark/Light Mode

Masyarakat Harus Dilibatkan

Bos Bawaslu: Potong Akar Aksi Pelanggaran Pilkada Dan Pemilu!

Senin, 18 Oktober 2021 07:05 WIB
Ketua Bawaslu Pusat, Abhan. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ketua Bawaslu Pusat, Abhan. (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu ini pun mengapresiasi atas keterlibatan pemuda di usia potensial sebagai peserta SKPP, yang tentunya hal ini menandakan anak muda masih peduli demokrasi.

Sebagai informasi, tahun ketiga SKPP ada 100 titik di sekitar 300 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Baca juga : Gus Halim Paparkan Soal Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Anggota Bawaslu Pusat Mochammad Afifuddin menambahkan, program SKPP tingkat dasar memang bagian dari ikhtiar Bawaslu dalam melaksanakan pendidikan politik kepada masyarakat. SKPP tingkat dasar diikuti oleh kalangan mahasiswa dan organisasi kepemudaan.

Selain itu, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu tersebut menilai, SKPP tingkat dasar itu juga bisa mendorong keterlibatan masyarakat melakukan tugas pengawasan pemilu.

Baca juga : Madu Nasional Donasikan 800 Botol Madu ke Pondok Pesantren di Bekasi

Hal senada disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta M Jufri. Dia menilai, keterlibatan masyarakat sangat penting di setiap gelaran kepemiluan. Saat ini, Jufri meminta masyarakat menyoroti persoalan Pemilu di DKI. Seperti, pemutakhiran data pemilih yang sekarang ini sedang dikerjakan KPU.

“Harus dicermati dengan baik masyarakat yang telah memiliki hak pilih dan yang tidak memiliki hak pilih,” tandasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.