Dark/Light Mode

Ditanya Kapan Reshuffle

Jokowi Bilang Belum Mikir... Belum Mikir...

Jumat, 12 November 2021 08:35 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat peringatan HUT ke-10 Partai NasDem di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta, Kamis (11/11/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat peringatan HUT ke-10 Partai NasDem di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta, Kamis (11/11/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Karena itu, ia mengingatkan, persoalan kocok ulang kabinet bukan persoalan akomodatif. Jadi harus sesuai dengan kebutuhan dengan mengedepankan efektivitas dan profesionalisme.

Bukan hanya otak atik gathuk atau geser ke sana-sini. “Kita harus lebih kualitatif, lebih prospektif, dan berbasiskan kebutuhan,” ucapnya.

Baca juga : Jokowi: Yang Nyetir Pak Andika...

Sekjen Partai Golkar, Lodewijk F Paulus mengaku, tidak mengetahui apakah Jokowi akan merombak kabinet atau tidak dalam waktu dekat. Dia hanya membenarkan sempat beredar isu reshuffle setelah PAN bergabung ke koalisi pemerintahan.

“Kalau sekarang sih belum ada, kita belum dengar-dengar lagi ya,” kata Lodewijk.

Baca juga : DPD Minta, Reshuffle Didasari Kegagalan Menteri Atasi Pandemi

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio memprediksi, reshuffle ini hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mengakomodasi PAN. Selain itu, mungkin saja Jokowi langsung menarik Hadi Tjahjanto dalam kabinet setelah pensiun dari kursi Panglima TNI.

Namun, menurut dia, bukan hanya dua nama itu yang berpeluang masuk kabinet.

Baca juga : Langkah Jokowi yang Batalkan Vaksinasi Berbayar Diapresiasi

“Sepertinya akan ada nama-nama lainnya yang justru tidak diduga-duga,” kata Hendri, kemarin. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.