Dark/Light Mode

Ditanya Kapan Reshuffle

Jokowi Bilang Belum Mikir... Belum Mikir...

Jumat, 12 November 2021 08:35 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat peringatan HUT ke-10 Partai NasDem di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta, Kamis (11/11/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat peringatan HUT ke-10 Partai NasDem di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta, Kamis (11/11/2021). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Setelah isu reshuffle berkembang ke sana-sini, Jokowi akhirnya buka suara.

“Belum berpikir (reshuffle),” kata Jokowi, singkat, usai menghadiri acara Hari Ulang Tahun Partai NasDem ke-10, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Jokowi: Yang Nyetir Pak Andika...

Jokowi ditanya lagi apakah reshuffle akan dilakukan karena PAN sudah gabung ke pemerintah? Jokowi juga tak banyak bicara. “Belum terpikir ke arah sana,” ujarnya, mengulang.

Jawaban Jokowi ini seakan membantah isu belakangan yang menyebut Jokowi kembali akan merombak jajaran menterinya.

Baca juga : DPD Minta, Reshuffle Didasari Kegagalan Menteri Atasi Pandemi

Bagaimana tanggapan PAN? Ketua DPP PAN, Saleh P Daulay mengatakan, soal reshuffle merupakan hak prerogatif Jokowi. Kata dia, PAN tidak ikut campur meskipun telah bergabung dalam partai koalisi pendukung pemerintah.

“Kalau diajak, ya tentu bagus, kami dengan senang hati bisa bantu dari dalam secara langsung bersama partai-partai lain yang sudah ada di dalam terlebih dahulu,” kata Saleh, kemarin.

Baca juga : Langkah Jokowi yang Batalkan Vaksinasi Berbayar Diapresiasi

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya mengaku, mendengar dari pembicaraan beberapa Ketua Umum Parpol yang menilai saat ini perlu dilakukan reshuffle. Namun, kata dia, Jokowi lah yang punya hak prerogatif untuk mengganti anak buahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.