Dark/Light Mode

Curcolan Si Driver

Minggu, 3 Februari 2019 07:28 WIB
Ngopi - Curcolan Si Driver
Catatan :
ESTI FITRIA WULANDARI

 Sebelumnya 
Karena bukan rahasia lagi. Di Bali, wisman asal China jumlahnya yang terbanyak, tapi terkenal paling pelit membelanjakan yuan. Kalau pun mereka belanja, agen wisatanya sudah mengarahkan ke toko souvenir milik orang China.

Baca juga : Ramalan Serem

Barang-barang di dalamnya pun berasal dari China. Yang pastinya juga, harga murahnya kebangetan. Beruntung, sekarang puluhan toko tak berizin ini sudah ditutup Pemda. Di satu sisi, dia bangga daerahnya jadi tujuan wisman. Tapi di sisi lain, dia cemas kelangsungan usaha istri, saudara, dan tetangganya, yang menggantungkan hidup dari jualan handy craft, bakalan terganggu.

Baca juga : Shampo

Sebelum terjadi, semoga saja Pemkab Banyuwangi bisa gerak cepat menghalau agen-agen wisata China yang licik. Mungkin mereka bisa membuat semacam kebijakan yang bisa melindungi UMKM lokal, agar tak megap-megap diserbu barang China.

Baca juga : Om, Mau Cewek Nggak Om...?”

Berharap juga, kekhawatiran si driver dalam curhat colongannya (curcol) ke sejumlah wartawan di mobilnya, tidak akan menjadi kenyataan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.