Dark/Light Mode

2 Tahun Tanpa RT & RW

Kamis, 14 Februari 2019 08:38 WIB
Ngopi - 2 Tahun Tanpa RT & RW
Catatan :
MUHAMAD FIKY

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang Pileg dan Pilpres, Camat dan Lurah se-Kota Bekasi, menunda semua pemilihan dan pemekaran Ketua RT dan RW baru di wilayah Kota Bekasi. Alasannya, untuk menjaga stabilitas dan kondusivitas wilayah sampai Pileg dan Pilpres 2019 berakhir.

Penundaan pemilihan dan pemekaran ketua RT dan RW baru bikin warga gigit jari. Baru-baru ini, saya bertemu dengan Pak Atmanto, Lurah Jatimakmur, Pondok Gede, di acara santunan 260 anak yatim di Masjid Jami Tarbiyatul Falah, Jatimakmur.

Baca juga : Tahun Baru 2019 Tanpa Terompet

Di sana, saya berbincang-bincang sambil menanyakan soal pemilihan dan pemekaran Ketua RT/RW baru, di perumahan Taman Jamur Indah. Pasalnya, sudah dua tahun lebih, hunian Jamur Indah belum memiliki ketua RT/ RW, sehingga wajar kalau pelayanan kepada warga di sana tidak berjalan maksimal.

Sambil duduk di masjid, Pak Anto menerangkan, bahwa pemilihan dan pemekaran Ketua RT/RW baru di wilayah bekasi, sementara ditunda. Penundaan dilakukan sampai pelaksanaan pemilu serentak berakhir.

Baca juga : Bikin Survei Sendiri

Kebijakan penundaan ini dirilis dalam surat edaran Sekretaris Daerah Pemkot Bekasi, yang dipimpin Widodo Indra Jantoro.

Dalam surat tersebut, semua perangkat daerah, Camat dan Lurah Se-Kota Bekasi, diminta agar dapat memperpanjang masa bhakti Ketua RT dan RW lama, serta tidak melakukan pemilihan baru sampai tahapan Pilpres dan Pileg 2019 berakhir.

Baca juga : Takut Banana Politics

“Surat edaran Setda Pemkot sudah disebar ke semua RT/RW se-kota Bekasi. Saya sebaga Lurah hanya menyampaikan dan menjalankan tugas berdasarkan maklumat surat Setda Pemkot, dan harap dimaklumi,” kata Anto.

Namun penundaan pemilihan Ketua RT/RW ini membuat warga yang tinggal di Taman Jamur Indah, Pondok Gede, gigit jari. Pasalnya, sudah dua tahun lebih, hunian jamur belum memiliki kepengurusan RT/ RW baru. Pelayanan kepada warga pun tidak berjalan maksimal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.