Dark/Light Mode

Bayar Di Awal

Kamis, 28 Februari 2019 06:25 WIB
Ngopi - Bayar Di Awal
Catatan :
ABDUL SHOMAD

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertengahan tahun ini (2019), anak saya yang pertama akan lulus Sekolah Menenah Pertama (SMP). Selanjutnya, tentu saja masuk SMA. Namun, ribut-ribut mencari sekolah lanjutan (SMA) sudah saya lakukan sejak Desember lalu. Tahun 2018.

Internet jadi sarana utama. Hampir saban hari, ketika saya dengar informasi sekolah berasrama berkualitas, dengan biaya pendidikan terjangkau, saya sempatkan berselancar di dunia maya. Saya cari informasi sebelum mendatangi sekolah tersebut.

Baca juga : Hebatnya Timnas

Pada tulisan lalu, saya sudah ceritakan sekilas tentang anak pertama saya. Namanya Asya Ramadiannisa Kaffa. Sekolah SMP di boarding school (Pesantren Al-Kahfi) Lido, Bogor.

Sebenarnya, di Al-Kahfi ada juga SMA dan MA (Madrasah Aliyah). Tapi mulai tahun ini (2019), santri SMP Al-Kahfi tidak otomatis bisa melanjutkan ke SMA atau MA Al-Kahfi. Bagi santri dan santriwati yang mau melanjutkan ke SMA dan MA, harus ikut tes masuk, seperti peserta didik lainnya.

Baca juga : Rapat Di Hotel

Saya khawatir, anak saya tidak lulus tes. Nah, kenyataan itulah yang membuat saya harus melakukan antisipasi. Saya ‘berburu’ sekolah untuk anak pertama saya itu.

Bahkan, saya juga mengunjungi sekolah-sekolah yang di webnya, menginformasikan kegiatan-kegiatan sekolah dan bagus-bagus. Teman saya tanya, kenapa harus memilih boarding school dengan kriteria yang sudah saya tetapkan.

Baca juga : Cari Wagub

Kenapa tidak pilih sekolah negeri dekat rumah saja. Saya jawab, “Saya nggak mau hafalan (al-Qur’an) anak saya hilang.” Saat ini, Alhamdulillah, Kakak Asya hapal lima (5) Juz al-Qur’an. Tiga juz dari belakang (Juz 30, 29 dan 28) dan dua juz dari depan (Juz 1 dan 2). “Sayang kan hilang (hafalan al-Qur’an anak saya),” kata saya kepada teman ini.

Dia menganggukkan kepalanya. Saya juga menjawab kenapa tidak menyekolahkan anak saya di SMA Negeri. Saya ini tinggal di DKI Jakarta. Sementara KTP saya Kota Bekasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.