Dark/Light Mode

Hebatnya Timnas

Kamis, 28 Februari 2019 06:15 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Inilah hebatnya sepak bola Indonesia. Terutama Timnasnya. Di tengah badai masalah yang menerpa PSSI, Timnas U22 bisa menjadi juara Piala AFF (ASEAN Football Federation Under 22 (AFF U22) di Kamboja.

Di final, Selasa (26/2) Indonesia mengalahkan raja Asia Tenggara, Thailand: 2-1. Di turnamen ini, lima kali pertandingan, Indonesia tidak pernah kalah. Ini untuk pertama kalinya Indonesia juara AFF U22.

Baca juga : Bersihkan Sampah Visual

Kondisi PSSI sedang amburadul saja, bisa juara. Apalagi kalau tidak ada masalah, Indonesia bakal lebih hebat lagi. Lho, bukankah, dulu, PSSI tak bermasalah, tetap saja Indonesia sangat jarang juara. Masalahnya, dulu, “borok” di sepak bola Indonesia tak pernah diungkap tuntas.

Ada temuan-temuan dan laporan yang masuk, ke PSSI atau ke penegak hukum, nyaris tak pernah dituntaskan. Akibatnya, “mereka yang bermain di air keruh sepak bola Indonesia” merasa aman-aman saja. Bebas.

Baca juga : Pilpres Dan Pileg Jangan Oleng

Tak tersentuh. Padahal mereka tetap eksis. Lagi pula, tubuh PSSI sendiri ternyata menyimpan masalah. Buktinya, Satgas anti mafia bola bentukan polisi, sekarang sudah menetapkan 16 orang tersangka. Termasuk para petinggi PSSI.

Kalau merujuk pernyataan Satgas bahwa mereka tak berhenti di Plt Ketum PSSI Joko Driyono, pucuk pimpinan tertinggi yang menjadi tersangka, artinya, masih banyak yang akan disisir. Memang, pekerjaan apa pun perlu dituntaskan. Jangan setengah-setengah.

Baca juga : Nonton Debat

Apalagi sekarang langkah Satgas didukung Presiden Jokowi yang berpesan: habisi mafia bola! Setuju! Karena, kebobrokan ini berpengaruh terhadap prestasi Indonesia di arena internasional.

Satu contoh, wasit misalnya. Di Liga Indonesia, wasit sangat toleran terhadap pelanggaran yang dilakukan pemain. Peraturan internasional (FIFA) kerap kali diikuti. Main kasar, sudah biasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.