Dark/Light Mode

Di Akhir Masa Jabatan, MPR Gelar 4 Agenda Penting

Kamis, 18 Juli 2019 22:48 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) diapit dua Wakil Ketua MPR, EE Mangindaan (kiri) dan Mahyudin (kanan) dalam Rapat Pimpinan MPR di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (18/7). (Foto: Humas MPR)
Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) diapit dua Wakil Ketua MPR, EE Mangindaan (kiri) dan Mahyudin (kanan) dalam Rapat Pimpinan MPR di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (18/7). (Foto: Humas MPR)

 Sebelumnya 
Untuk menyinkronkan semua keputusan Rapat Pimpinan MPR, khususnya masalah Sidang Tahunan dan Sidang Akhir Masa Jabatan, MPR akan menggelar Rapat Gabungan Fraksi dan Kelompok DPD di MPR pada akhir Juli ini.

Dalam acara Peringatan Hari Konstitusi yang akan digelar di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, mantan Menteri Kehutanan itu menyebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan hadir.  Sedangkan dalam acara Peringatan HUT MPR, Setjen MPR juga akan menggelar jalan sehat dan tasyakuran.

Baca juga : Hendropriyono: Masa Jabatan Presiden dan Kepala Daerah Sebaiknya 8 Tahun

Soal pimpinan MPR periode mendatang, Zulkifli Hasan berharap, pemilihan ketua dan wakilnya bisa dilakukan dengan musyawarah dan mufakat. “Jadi, siapa pun yang akan terpilih  akan didukung oleh semua,” tambahnya.

Musyawarah mufakat untuk menentukan pimpinan di MPR perlu dilakukan, sebab belum ada undang-undang atau aturan yang mengatur mekanisme pemilihan pimpinan. Beda dengan pemilihan pimpinan DPR, yang sudah diatur dalam UU MD3.

Baca juga : Pagi Ini, MK Gelar Sidang Perdana Gugatan Pileg 2019

“Ingat, musyawarah mufakat adalah ciri MPR," paparnya.

Pasca Pemilu Presiden, Zulhas mengimbau semua pihak untuk memperkuat persatuan. Menurutnya, selama delapan bulan lebih, bangsa ini berada dalam dinamika perbedaan pendapat. “Inilah saatnya kita kembali menjahit merah putih. Mari kita obati luka-luka yang ada,” tutur Zulhas.

Baca juga : Adinda Thomas Penasaran Jalan Kaki Mendaki Gunung Nepal

Pada kesempatan tersebut, Zulhas juga mengajak semua pihak untuk mendukung kepemimpinan Joko Widodo-Ma’ruf Amien. “Kita dukung dan doakan agar Jokowi-Ma'ruf sukses dalam memimpin Indonesia. Itu tujuan kita semua,” paparnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.