Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pembahasan UU Provinsi Sumsel

Senayan Usulkan Pemekaran

Minggu, 19 Maret 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi II DPR Rifqinizamy Karsayuda. (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi II DPR Rifqinizamy Karsayuda. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Namun demikian, usulan adanya DOB di Sumsel kemungkinan besar tidak dapat terakomodasi dalam revisi undang-undang tersebut. Apalagi, Pemerintah Pusat masih melakukan moratorium pembentukan daerah otonomi baru. Tapi, usulan itu tetap diperjuangkan untuk dapat direalisasikan maupun diakomodasi dalam klausul tertentu.

Wahyu memahami bila usulan DOB di Sumsel dipaksakan tahun ini akan banyak sekali Pekerjaan Rumah (PR). Karena seperti yang diketahui, tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan.

Baca juga : Mahasiswa Turut Berupaya Pulihkan Kepercayaan Wajib Pajak

“Tidak mungkin lagi bagi kita menambah daerah baru atau jumlah DPRD baru karena dampaknya akan sangat luas sekali,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Wagub Sumsel) Mawardi Yahya mengatakan, pertemuan dengan Komisi II DPR membahas antara lain kejelasan soal pembatasan wilayah. Pasalnya, sejarah daerah tidak sesuai lagi undang-undang maupun nomenklatur yang ada.

Baca juga : KPK Juga Tetapkan Tersangka Perintangan Penyidikan

“Juga sangat mempengaruhi sumber daya alam dan menimbulkan terjadinya pergeseran pembatasan wilayah,” ujar Mawardi di Kantor Gubernur Sumsel, kemarin.

Menurut Mawardi, pemekaran wilayah diperlukan guna mempercepat pembangunan. Kejelasan batas wilayah juga penting karena menyangkut sumber daya alam yang terkandung di dalamnya.

Baca juga : Penjelasan Guru Besar Farmasi Esa Unggul tentang Amuba Pemakan Otak

Diketahui, Provinsi Sumsel memiliki 13 kabupaten dan 4 kota. Adapun Kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi yang terluas dengan cakupan wilayah mencapai lebih dari 18 ribu kilometer persegi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.