Dark/Light Mode

Program Subsidi Motor Listrik Rp 7 Triliun

Darmadi: Mesti Tepat Sasaran

Kamis, 23 Maret 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Subsidi kendaraan listrik akan efektif jika Pemerintah membatasi kendaraan BBM,” jelasnya.

Darmadi bisa memahami langkah Pemerintah menggelontorkan triliunan dana APBN untuk subsidi kendaraan listrik sebagai upaya mengurangi beban biaya akibat penggunaan bahan bakar fosil.

“Tujuan Pemerintah adalah penghematan biaya bahan bakar bagi konsumen Rp 2,77 juta per tahun pengguna. Penghematan kompensasi Pertalite sebesar Rp 18,6 miliar per tahun,” ujarnya.

Baca juga : Pemerintah Incar Investor

Hanya saja, kata lulusan terbaik Doktor Hukum Universitas Borobudur ini, program kendaraan listrik juga bakal berefek pada penambahan daya konsumsi atau penggunaan listrik secara signifikan.

“Program ini juga bakal mendorong peningkatan konsumsi listrik sebesar 5.23 GWh serta pengurangan emisi 0,03 juta ton CO2. Kita meragukan tujuan ini akan berhasil,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, subsidi untuk pembelian motor listrik roda dua sebesar dianggarkan Rp 7 juta per unit dan sudah diajukan sebanyak 200 ribu unit motor sampai pada Desember 2023.

Baca juga : Kinerja Mandiri Moncer

Sementara untuk bantuan subsidi roda empat atau mobil listrik akan diberikan kepada 35.900 unit kendaraan.

“Kami usulkan pemberian bantuan Pemerintah terhadap sepeda motor EV sebanyak 200 ribu unit. Sementara kendaraan roda 4 kita tahu sekarang ada produsen Hyundai, Wuling, diusulkan untuk sejumlah 35.900 unit kendaraan sampai Desember 2023,” terang Agus.

Menurut Agus, Kementeriannya sudah menyiapkan skema berkaitan dengan persyaratan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Tentunya, skema ini melibatkan beberapa lembaga termasuk perbankan dan produsen, serta Kementerian Perindustrian, dan Tim Penilai Akhir atau TPA.

Baca juga : Gelar Program Bina Industri Desa, Kimia Farma Bina Petani Tempuyung

“Jadi, apabila seseorang ingin mempunyai dua motor listrik, yang diberi bantuan subsidi hanya satu saja. Tidak bisa keduanya,” jelas Agus. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.