Dark/Light Mode

Pandemi Belum Kelar, Lindungi Diri Dari Covid-19 Harus Konsisten

Rabu, 3 Mei 2023 19:14 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keselamatan nyawa manusia di masa pandemi Covid-19 harus konsisten menjadi kepedulian bersama. Khususnya melalui kebijakan yang berorientasi pada perlindungan setiap warga negara.

"Catatan peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir ini, harus menjadi pengingat kita semua untuk tetap mengedepankan keselamatan setiap warga negara dalam kesehariannya," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam sambutan tertulisnya pada diskusi daring bertema Menghadapi Tantangan Kenaikan Kasus Covid-19 Pasca Mudik Lebaran yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (3/5).

Baca juga : Pemerintah Berjuang Lindungi Dan Evakuasi WNI Di Sudan

Diskusi yang dimoderatori Eva Wondo (Jurnalis Metro TV) itu menghadirkan Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono (Wakil Menteri Kesehatan RI), Prof. dr. Ali Ghufron Mukti (Direktur Utama BPJS Kesehatan), dan Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama (Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI - Direktur WHO SEARO /World Health Organization South East Asia Regional Office 2018-2020), sebagai narasumber. Selain itu hadir pula Ratu Ngadu Bonu Wulla (Anggota DPR RI Komisi IX) sebagai penanggap.

Data Kementerian Kesehatan per 22 April 2023 menunjukkan angka kematian 13 kasus dan kasus aktif naik dari 10.448 kasus menjadi 10.881 kasus. Sedangkan pasien yang dirawat dalam periode 15-22 April tercatat 1.617 orang.

Baca juga : Dinkes DKI: Belum Ada Kasus Covid-19 Varian XBB 1.16 Di Jakarta

Menurut Lestari, melonjaknya kasus Covid-19 pada awal April 2023 akibat melemahnya penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Rerie sapaan akrab Lestari mengakui bahwa pengabaian terhadap ragam anjuran untuk mengedepankan protokol kesehatan dalam keseharian kerap terjadi.

Baca juga : Lindungi Warga Dari Bahaya Radikalisme

Para pemangku kepentingan dan masyarakat, tambah Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah, perlu menerapkan cara berpikir bahwa pada kenyataannya hingga saat ini Indonesia belum sepenuhnya lepas dari pandemi.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mendorong para pemangku kepentingan mengaktifkan kembali kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan di ruang publik, sambil memastikan segenap lapisan masyarakat telah melalui tahapan vaksinasi dalam upaya membangun kekebalan komunitas yang lebih baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.