Dark/Light Mode

Anggaran Kemendag Turun Nyaris Rp 500 Miliar

DPR Besarkan Hati Zulhas

Selasa, 5 September 2023 07:30 WIB
Menteri Per­dagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin, (4/9). (Foto: Biro Humas Kemendag)
Menteri Per­dagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin, (4/9). (Foto: Biro Humas Kemendag)

 Sebelumnya 
Sementara, anggota Komisi VI DPR Mufti Aimah Nurul Anam memuji kiprah Zulhas selama menjabat orang nomor satu di Kemendag.

Walau Zulhas jauh di mata, tapi baginya, pria yang baru menjabat Mendag pada Juni 2022 ini, selalu dekat di hati.

“Saya ini pengikutnya Pak Menteri di medsos. Jujur, Pak Menteri inspirasi buat kami. Bapak walaupun jauh lebih tua dari kami, tapi penampilannya muda, gercep (gerak cepat) gitu. Kemudian sering turun juga. Serius,” pujinya disambut riuh sejumlah politisi.

“Itu namanya koalisi Indonesia maju,” ujar anggota Komisi VI DPR Khilmi.

Baca juga : Si Ular Besar Makin Gahar

“Kalau muji-ujinya terlalu tinggi, hati-hati Pak Menteri,” timpal Pimpinan Sidang Sarmudji, disambut senyum Mufti.

Mufti menilai, gercepnya Zulhas ini bisa dilihat saat turun memantau dan melakukan stabilisasi harga bahan pokok di tengah-tengah masyarakat. Sikap Zulhas ini tidak ­seperti pendahulunya yang biasanya berlarut-larut.

“Contoh kemarin harga telur, di produsen sempat Rp 18.500 per kilogram, sementara di konsumen Rp 32 ribu per kilogram. Tapi saya lihat itu tidak lama, karena saya lihat Pak Menteri turun ke lapangan. Kemudian hari ini hanya terpaut sedikit,” ungkapnya.

Karena itu, dia mengapresiasi gercep Zulhas dalam mengantisipasi gejolak harga telur dan berbagai bahan pokok lainnya. Dia pun yakin, gejolak harga beras yang terjadi saat ini, bisa segera direspons Mendag.

Baca juga : Asah Kemampuan Anak Muda, Ganjar Milenial Menggelar Pelatihan Membatik 

“Kalau soal beras kita bisa maklum lah karena sekarang opini di dunia sedang terjadi persoalan tapi masih taraf wajar. Kami berharap soal beras ini, dengan tangan dingin Pak Menteri bisa segera diselesaikan,” harapnya.

Anggota Komisi VI DPR Sondang Tiar Debora Tampubolon prihatin dengan penurunan pagu anggaran Kemendag di tahun 2024.

“Turunnya lumayan banyak, sampai Rp 500 miliar. Saya kira ini perlu perhatian khusus,” katanya.

Sondang pun bertanya-tanya alasan Kemenkeu bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) menurunkan anggaran Kemendag. Apakah karena penyerapan anggaran di tahun 2023 kurang optimal atau hasil evaluasi anggaran tahun 2022 yang dianggap tidak maksimal. Atau karena pendapatan negaranya tidak tercapai?

Baca juga : KSP: Anggaran Negara Pro Rakyat Miskin, 3 Kartu Sakti Jadi Bukti

“Nah. ini harusnya ada eva­luasi karena untuk menghadapi tahun 2024, harusnya anggaran tidak boleh turun. Karena ada banyak hal yang perlu dikerja­kan dan dioptimalisasi,” jelasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 5/9/2023 dengan judul Anggaran Kemendag Turun Nyaris Rp 500 Miliar, DPR Besarkan Hati Zulhas

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.