Dark/Light Mode

Anggaran Kemendikbud Nambah Rp 1,2 Triliun

”Ini Hadiah Buat Para Guru”

Jumat, 15 September 2023 07:10 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf. (Foto: dok. DPR)
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf. (Foto: dok. DPR)

 Sebelumnya 
Sementara Wakil Ketua Komi­si X DPR Hetifah Sjaifudian melontarkan pantun atas adanya tambahan anggaran untuk tahun 2024. “Di bawah Mas Nadiem Kemendikbudristek Terus Ber­benah. Merdeka Belajar Sangat Melekat. Anggaran Kemen­dikbudristek telah ditambah. Semoga kualitas pendidikan semakin meningkat,” ujarnya.

Hetifah menyampaikan apresiasi kepada Menteri Nadiem dan jajaran yang selama tahun 2023 ini sudah menunjukkan kerja sama dalam membawa kebaikan dan kemajuan di du­nia pendidikan kita. "Mudah-mudahan di 2014 nanti, kita bisa melanjutkan kerja sama yang baik tersebut," tambah dia.

Baca juga : The Gunners Kudu Nyiapin Rp 1,3 Triliun Buat Dusan Vlahovic

Sementara itu, Menteri Na­diem memastikan, Kemendik­budristek mengalami penye­suaian anggaran dengan adanya tambahan Rp 1,28 triliun dalam pembahasan di Banggar DPR bersama Pemerintah. "Namun tambahan ini semuanya untuk belanja pegawai," ungkapnya.

Nadiem mengatakan, ada tiga tujuan dari anggaran tambahan ini. Pertama, untuk tunjangan profesi guru atau TPG dan tun­jangan khusus guru non PNS sebesar Rp 454,7 miliar. Kedua, tunjangan profesi dosen dan kehormatan guru besar non PNS sebesar Rp 210,24 miliar. Ketiga, untuk internal PNS Kemendik­budristek dalam bentuk gaji po­kok dan tunjangan melekat PNS sebesar Rp 620,3 miliar.

Baca juga : Pembiayaan Hijau Tembus Rp 51,50 Triliun, CIMB Niaga Dukung Pencapaian NZE 2060

“Harapan kami, (tambahan anggaran) ini bisa membantu motivasi teman-teman PNS di lapangan baik guru maupun staf Kemendikbudristek untuk terus bersemangat mengeluarkan program-program prioritas," tambahnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 15/9/2023 dengan judul Anggaran Kemendikbud Nambah Rp 1,2 Triliun, "Ini Hadiah Buat Para Guru"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.