Dark/Light Mode

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid

Hentikan Perang Israel-Palestina, Jeda Kemanusiaan Tak Mampu Menyetop Korban

Minggu, 5 November 2023 09:49 WIB
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid bersama anak-anak Palestina, saat berkunjung ke Gaza. (Foto: dok. Pribadi)
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid bersama anak-anak Palestina, saat berkunjung ke Gaza. (Foto: dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid bereaksi negatif terhadap rencana Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS)! Anthony Blinken, yang meminta Israel memberikan jeda kemanusiaan beberapa kali selama perang melawan rakyat Palestina di Gaza.

Menurutnya, satu-satunya cara menghentikan bertambahnya korban perang Israel-Palestina adalah dengan menyetop perang tersebut. 

Untuk diketahui, serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023, telah menewaskan lebih darı 1.400 orang dan sedikitnya 200 orang tersandera. 

Baca juga : Perang Israel-Hamas Palestina Kini Masuk Tahap 2, Apa Maksudnya?

Sementara serangan balasan Israel ke Palestina sejak 7 Oktober 2023, telah merenggut lebih dari 9.000 nyawa. 

"Satu-satunya cara untuk menghentikan bertambahnya korban adalah Israel menghentikan perang terhadap rakyat Gaza. Jeda kemanusiaan tidak akan menghentikan bertambahnya jumlah korban. Bisa jadi, malah menambah lebih banyak korban," kata Meutya dalam keterangan tertulis, Minggu (5/11/2023).

"120 negara di dunia, termasuk Indonesia dalam Majelis Umum PBB telah bersuara agar serangan Israel ke Gaza dihentikan, dan bantuan kemanusiaan segera disalurkan," imbuhnya.

Baca juga : Airlangga Serukan Sinergi Jaga Laju Perekonomian RI

Politisi Partai Golkar ini mendukung sepenuhnya upaya pemerintah Indonesia di bawah Presiden Jokowi, yang terus gigih membantu rakyat Palestina melalui berbagai jalur diplomasi seperti Dewan Keamanan PBB, Majelis Umum PBB, Sidang Darurat OKI, dan berbagai pertemuan bilateral. Termasuk, pengiriman bantuan makanan obat-obatan bagi rakyat Gaza, yang telah dimulai di Lanud Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

"Saya pun mendukung berbagai aksi masyarakat, yang berdampak positif bagi rakyat Palestina. Selain memberikan dukungan melalui aksi unjuk rasa, bersama-sama kita berikan sumbangan melalui lembaga-lembaga zakat yang akan langsung dikirimkan ke rakyat Palestina di Gaza," tegasnya.

Meutya merupakan satu-satunya anggota DPR RI Perempuan yang pernah terjun langsung ke Gaza, untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Baca juga : Jokowi Minta Perang Israel-Palestina Dihentikan, Akar Konflik Dituntaskan

Di sana, Meutya menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dan Pimpinan Hamas Ismail Haniyeh, untuk menegaskan posisi Indonesia yang konsisten pro Palestina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.