Dark/Light Mode

Banyak Tugas Legislasi Terselesaikan

Kurang Publikasi, Citra DPR Masih Dinilai Paling Buruk

Sabtu, 27 Januari 2024 07:20 WIB
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso. (Foto: Dok. DPR RI)
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso prihatin, citra DPR di mata masyarakat tidak kunjung pulih. Padahal, 570 anggota dewan yang duduk saat ini merupakan pilihan rakyat. Situasi ini, salah satunya, akibat media kurang mendukung kerja-kerja dewan.

Agung menjelaskan, tahun ini merupakan salah satu tahun yang sangat sakral dalam sejarah de­mokrasi di Indonesia. Sebab, se­luruh masyarakat Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi rakyat, yaitu Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden pada 14 Februari 2024.

“Tentunya DPR sebagai lem­baga perwakilan rakyat, harus tetap kuat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai amanat undang-undang dengan lebih baik lagi di tahun 2024,” kata Agung dalam Forum Group Discussion (FGD) DPR Rewind 2023 dengan tema ‘Menilik Belakang Panggung Perwakilan Rakyat, Membedah Kinerja DPR 2023’ di Gedung Parle­men, Senayan, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Baca juga : Berkat SBY dan Indrata Nur Bayuaji, Pacitan Masih Dikuasai Partai Demokrat

Politisi Fraksi Demokrat ini mengajak seluruh masyarakat, khususnya DPR mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi di tahun 2023. Apa pun peristiwa yang terjadi, baik dan buruk, Dewan harus mampu melakukan langkah perubahan dan perbaikan.

Agung mengklaim, DPR sepanjang tahun 2023 telah banyak melahirkan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Manfaatnya pun telah banyak dirasakan, baik langsung maupun tidak langsung, baik melalui pembentukan peraturan perundang-undangan mau­pun dalam pelaksanaan fungsi pengawasan dan penganggaran DPR.

Tidak hanya itu, Dewan tetap memprioritaskan penyelesaian Rancangan Undang-Undang (RUU) yang masuk dalam Pro­gram Legislasi Nasional Tahun 2022-2023.

Baca juga : Sekjen Kemenkes: Pastikan Transformasi Internal Dijalankan

Adapun RUU yang telah se­lesai dibahas, antara lain UU Aparatur Sipil Negara (ASN), UU Kesehatan, revisi UU Informasi Transaksi Elektronik. De­wan juga telah melaksanakan pembahasan APBN Tahun 2024 secara komprehensif dengan memperhatikan kinerja tahun 2023, serta prediksi perekono­mian global.

Selain itu, DPR juga telah melaksanakan fungsi penga­wasan di berbagai kegiatan baik melalui pembentukan tim, rapat-rapat, kunjungan kerja, audiensi, maupun pengawasan atas pelaksanaan undang-undang dan APBN.

Di samping itu, DPR juga menjalankan fungsi diplomasi melalui partisipasi pada Fo­rum G20, ASEAN Inter Parlia­mentary Assembly (IPA) dan Mikta, yang merupakan Forum Konsultasi Meksiko, Indone­sia, Korea Selatan, Turki dan Australia.

Baca juga : Ribuan Ton Buah Sawit Hilang, Teras Narang: Penadahnya Harus Ditangkap

“Ini menunjukkan bahwa sebetulnya DPR, baik itu de­wannya, sekjennya, sudah menjalankan fungsinya dengan sangat baik,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.