Dark/Light Mode

Banyak Tugas Legislasi Terselesaikan

Kurang Publikasi, Citra DPR Masih Dinilai Paling Buruk

Sabtu, 27 Januari 2024 07:20 WIB
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso. (Foto: Dok. DPR RI)
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Salah satu kebijakan yang ber­hasil diperjuangkan, sambung Agung, yakni DPR bersama Kementerian Agama (Kemenag) mampu menurunkan Biaya Per­jalanan Ibadah Haji (BPIH) yang semula diajukan Pemerintah sebesar Rp 106 juta, turun men­jadi Rp 93,4 juta.

Kebijakan BPIH ini meru­pakan kebijakan DPR yang tentunya sangat memihak ke­pada rakyat. Sayangnya, kerja-kerja baik DPR ini banyak tidak tersampaikan ke publik.

“Saya rasa mungkin rakyat tidak tahu. Ini yang sebetulnya menjadi persoalan, padahal kalau kita lihat apa yang dilaku­kan DPR ini sudah maksimal,” terangnya.

Dia bilang, DPR juga telah melakukan berbagai terobosan dalam rangka menjalankan visi yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) DPR 2020-2024, yakni menjadi lembaga perwakilan yang maju, terbuka dan responsif.

Baca juga : Berkat SBY dan Indrata Nur Bayuaji, Pacitan Masih Dikuasai Partai Demokrat

Tidak hanya itu, DPR juga terus berupaya menjadi rumah yang ramah serta hangat untuk rakyatnya, serta dikelola dengan prinsip good governance serta parlemen modern.

DPR juga berhasil menorehkan sejumlah prestasi atas kerja-kerjanya di tahun 2023. Penghargaan tersebut seperti penghargaan kepada Ketua DPR atas prestasi menjadikan perpustakaan DPR sebagai ru­jukan nasional akreditasi per­pustakaan. Kemudian pemenang tiga Gold Award pada 2023, dan lainnya.

“Sayangnya, berbagai prestasi serta capaian yang telah dilaku­kan DPR, tidak tersampaikan kepada rakyat karena minimnya pemberitaan positif tentang prestasi serta kinerja DPR. Ditambah berbagai upaya politisasi isu-isu negatif membuat DPR sulit menjadi lembaga yang me­miliki citra baik di mata rakyat,” katanya.

Hal ini, kata dia, bisa dilihat dari berbagai list survei sepan­jang tahun 2023 yang selalu menempatkan DPR teratas se­bagai lembaga dengan tingkat kepercayaan publik buruk.

Baca juga : Sekjen Kemenkes: Pastikan Transformasi Internal Dijalankan

“Alhamdullillah, DPR men­jadi lembaga yang memiliki tingkat kepercayaan oleh rakyat Indonesia nomor satu. Tapi dari bawah. Jadi masih paling bu­ruk,” ungkapnya.

Dia pun mengajak seluruh elemen menjadikan DPR sebagai lembaga yang lebih dicintai rakyat.

Memprihatinkan, di saat DPR telah menorehkan banyak prestasi dan anggota dewan turun menyapa masyarakat, menjadi tidak tersampaikan ke publik.

Hanya karena persoalan-per­soalan kecil yang tidak bisa dihindarkan karena kecapean dan kelelahan di ruang siding, kemudian menjadi berita yang terus diulang di media, sehingga memperburuk citra DPR.

Baca juga : Ribuan Ton Buah Sawit Hilang, Teras Narang: Penadahnya Harus Ditangkap

“Harapan saya, DPR harus bisa menjadi lembaga yang paling dekat dengan rakyat. Karena DPR lembaga yang dipilih langsung oleh rakyat. Tapi anehnya, menjadi lem­baga yang paling tidak dipercaya oleh rakyat yang memilihnya,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 27/1/2024 dengan judul Banyak Tugas Legislasi Terselesaikan, Kurang Publikasi, Citra DPR Masih Dinilai Paling Buruk    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.