Dark/Light Mode

Pemerintah Diminta Segera Operasi Pasar

Beras Di Pasar Masih Banyak, Tapi Harganya Kok Mahal

Jumat, 23 Februari 2024 07:10 WIB
Anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Toh, cadangan beras Pemerin­tah yang ada di Bulog sampai saat ini pun belum keluar. Harusnya, cadangan beras ini digunakan un­tuk membanjiri pasar, sehingga masyarakat bisa membeli beras dengan harga terjangkau.

Terpisah, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Jamaluddin Jompa mengapresiasi kinerja Menteri Pertanian (Men­tan) Andi Amran Sulaiaman mengakselerasi swasembada pangan.

Amran memberikan solusi nyata menghadapi kondisi dunia khususnya Indonesia. Sekarang kita menghadapi masa krusial yakni ancaman krisis pangan akibat perubahan iklim ekstrem yang berdampak langsung pada sektor pertanian.

Baca juga : Debt Collector Kudu Sopan, Jangan Kasar Kayak Preman

“Sebelum kita melewati bonus demografi, menjelang satu abad, Indonesia harus menjadi negara maju. Di tangan beliau (Mentan Amran) harapan kita. Indonesia harus bisa memanfaatkan keung­gulan komparatif Indonesia deng­an kemampuan kesuburan lahan,” puji pria yang akrab disapa JJ ini.

Dia pun menegaskan, persoal­an pangan merupakan harga mati.

“Kalau pertanian gagal, kita pasti gagal. Ketahanan perta­nian harus tercapai. Indonesia sejahtera harga mati,” tegasnya.

Baca juga : Banyak MBR Tidak Terdaftar Di DTKS

JJ menekankan, ketahanan pangan merupakan kunci dari kesejahteraan masyarakat In­donesia. Ketahanan pangan dapat diraih dengan adanya perkembangan teknologi hulu dan hilir serta adanya regenerasi pekerja di sektor pertanian.

“Harapannya kepada civi­tas akademika dan mahasiswa Unhas agar bisa turut ambil ba­gian dalam perkembangan perta­nian. Kita akan jalin terus kerja sama pengembangan inovasi, sains, dan teknologi. Berikan kami tugas, Pak Menteri, demi pertanian Indonesia,” tegasnya.

Dia menilai, langkah Mentan Amran dalam melibatkan dosen dan peneliti di Unhas dalam men­dorong percepatan produksi dan kemajuan pertanian sangat tepat. Unhas memiliki banyak penemu yang telah menghasilkan produk-produk dari hasil riset.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 23/2/2024 dengan judul Pemerintah Diminta Segera Operasi Pasar, Beras Di Pasar Masih Banyak, Tapi Harganya Kok Mahal       

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.