Dark/Light Mode

Ratusan Ribu Guru Honorer Tunggu Kepastian

Tuntaskan Sebelum Oktober

Sabtu, 2 Maret 2024 07:10 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. (Foto: Dok. DPR RI)
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Situasi ini tentu akan membuat Pemda kewalahan karena DAU untuk gaji guru P3Kbersifat ear­marking alias sudah ditentukan. “Jika tidak ditambah maka sudah pasti tidak ada alokasi gaji bagi guru PPPK baru,” ungkapnya.

Persoalan anggaran ini, lanjut Huda, juga memengaruhi masalah penempatan guru honorer yang telah lolos passing grade (P1) dalam seleksi PPPK.

Walhasil, tak sedikit guru honorer yang sudah dinyatakan lolos, namun tak dapat mengajar lantaran Pemda enggan meng­atur formasi penempatan.

Baca juga : Arifin Optimistis Smelter Freeport Beroperasi Juni

Ironisnya, ada Pemda yang tetap menahan formasi guru P3Klulus tes ini hingga 2 tahun.

“Ini yang membuat formasipenempatan ini agak aneh. Padahal dengan status sudah lulus di level seleksi, mereka harusnya mendapat alokasi DAU. Jadi harusnya tidak ada masalah bagi Pemda untuk menempatkan para guru P3Kini di sekolah yang membutuhkan,” jelasnya.

Untuk itu, dia meminta Pemerintah mengambil tindakantegas jika menemukan ada Pemda yang menggunakan DAU Gaji P3Kyang sudah ditentukanini untuk keperluan lain. Kemendikbudristek juga bisa mengambil inisiatif lebih karena program ini melibatkan lintas Kementerian/Lembaga (K/L).

Baca juga : Mandiri Dan BNI Kompak Bangun Gedung Futuristik

“Jadi sudah selayaknya beliau (Menteri Nadiem) lebih aktif mengambil langkah terobosan agar semua persoalan rekruit­men maupun penempatan guru PPPKbisa terselesaikan tahun ini,” tambahnya.

Anggota Komisi X DPR Muhammad Nur Purnamasidi me­nambahkan, rekrutmen guru honorer menjadi P3Kini seringkali terbentur dengan berbagai persoalan. Salah satunya, ada pihak-pihak yang memanfaatkan momentum rekrutmen guru honorer menjadi ASN ini sebagai ladang duit.

Dia bilang, persoalan pungutan ini banyak didapatinya dari aspirasi para guru honorer. Di mana, ada oknum yang menjanjikan bermacam-macam kepada guru honorer ini.

Baca juga : Tentara Israel Biadab!

Salah satunya, bisa memasukkan nama guru honorer tersebut ke dalam aplikasi Dapodik atau Data Pokok Pendidikan, aplikasi pendataan yang dikelola oleh Kemendikbudristek.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 2/3/2024 dengan judul Ratusan Ribu Guru Honorer Tunggu Kepastian, Tuntaskan Sebelum Oktober       

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.