Dark/Light Mode

Dana Hibah PSR Naik Dua Kali Lipat

Produksi Sawit Bakal Naik

Rabu, 6 Maret 2024 07:10 WIB
Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Andi menuturkan, pihaknya juga tengah menyusun regulasibaru terkait PSR ini melalui Permentan yang baru. Dalam aturan ini nantinya, hal-hal terkait PSR, proses verifikasi cukup satu kali. Jadi, ketika dia mendapatkan dukungan dana untuk sarpras PSR, itu cukup menggunakan barcode saja.

“Tidak lagi ada proses veri­fikasi, sehingga efisiensi verifikasikita. Identifikasi terkait status lahan dan status kepemilikan juga semakin sederhana dan mengefisienkan biaya PSR. Ini sedang kita dorong, simplifikasi aturan, sederhanakan, tapi tidak melanggar aturan-aturan yang lain,” pungkasnya.

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi menambah­kan, Kementan melalui Ditjen Perkebunan menargetkan penanaman 500 ribu hektare padi gogo di lahan perkebunan sawit dan kelapa seluruh Indonesia.

Baca juga : Kinerjanya Kinclong, BNI Bagi Dividen Rp 10,45 T

Langkah ini sebagai tindak lanjut program akselerasi dan percepatan program PSR yang ditargetkan mencapai 120.000 hektare.

“Kami sangat berharap sekali untuk dapat mendukung program PSR agar berjalan optimal. Saya juga mengajak untuk mensukses­kan tumpang sari dengan mena­nam padi gogo sebagai langkah strategis mengantisipasi dampak El-Nino,” ujar Harvick.

Selain tumpang sari padi gogo, lanjut Harvick, replanting atau PSR juga langkah yang sangatstrategis dalam menambah de­visa negara karena hanya melakukan peremajaan tanpa harus melakukan pembukaan lahan. Salah satu kontribusi sektor perkebunan adalah padat karya yang terbukti mampu menurunkan kemiskinan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Baca juga : Penggunaan PLTS Atap Bisa Menghemat Energi

“Karena itu produktivitas sawit rakyat harus kita tingkatkan melalui peremajaan sawit rakyat. Program PSR akan meningkat­kan produktivitas serta kualitas sawit melalui penggantian tanaman tidak produktif dengan benih yang berkualitas dengan penerapan Good Agriculture Practices,” jelasnya.

Ke depan, lanjut Harvick, sub­sektor perkebunan kelapa sawit harus mampu merajai pasar ekspor global sehingga Indonesia memiliki kekuatan besar pada ketahanan pangan.

Karena itu, pembangunan perkebunan kelapa sawit diharapkan tidak hanya sekadar produktivitas, tetapi dapat mensinergikan semua pihak yang terlibat.

Baca juga : Real Madrid Vs RB Leipzig, Los Blancos Tak Jumawa

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 6/3/2024 dengan judul Dana Hibah PSR Naik Dua Kali Lipat, Produksi Sawit Bakal Naik

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.