Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPR Minta Omnibus Law LHK Dibahas Hati-hati

Kamis, 27 Februari 2020 09:53 WIB
Komisi IV DPR dalam acara Fokus Group Discussion (FGD) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Rabu (26/02).
Komisi IV DPR dalam acara Fokus Group Discussion (FGD) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Rabu (26/02).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi IV DPR mendukung RUU Omnibus Law Cipta Kerja bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang diajukan pemerintah. Namun, prinsip kehati-hatian tetap harus dikedepankan. 

Dukungan DPR ini disampaikan Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Sudin dalam acara Fokus Group Discussion (FGD) bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya Bakar di Jakarta, Rabu (26/02). 

"Penyerdahanaan aturan ini sangat bagus, tapi harus dikawal betul substansinya supaya jangan melemahkan proteksi lingkungan hidup dan kehutanan," kata Sudin, saat membuka pertemuan. 

Baca juga : Airlangga: Omnibus Law Ciptakan Pekerjaan

Wakil Ketua Komisi IV, Dedy Mulyadi yang berulang kali menekankan kesiapan Rencana Detail Tata Ruang  (RDTR), yang harus disiapkan dalam pelaksanaan Omnibus Law LHK.

Senada Yohanis Franciskus Lema. Ia mengatakan, RUU ini bagus untuk memangkas pungli dan birokrasi yang berbelit-belit. 

“Tapi kita perlu memeriksa betul, apakah memang kemudahan dalam investasi sejalan dengan spirit menjaga ekosistem. Jangan sampai UU ini menjadi surga bagi investor, tapi jadi bencana besar bagi lingkungan hidup,” kata Yohanis.

Baca juga : Muhadjir: Observasi WNI ABK Dilakukan Hati-hati

Anggota DPR Fraksi Demokrat, Bambang Purwanto meminta pemerintah memastikan betul agar RUU Omnibus Law yang dinilai ramah pada investor, nantinya dapat membawa dampak positif pada penyerapan tenaga kerja.

Sedangkan anggota DPR Fraksi PKS, Andi Akmal Pasluddin meminta agar RUU Omnibus Law disosialisasikan dengan baik ke masyarakat.  Ia juga mengingatkan agar RUU ini tetap dalam spirit menjaga lingkungan hidup Indonesia.

“Jangan gara-gara investasi, rusak lingkungan kita. Jangan sampai anak cucu kita jadi korban,” pesannya. 

Baca juga : Menteri Siti Sebut RUU Omnibus Law Sejahterakan Rakyat

Sementara itu, Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. KLHK akan tetap menjaga lingkungan dan fungsi-fungsi alam terutama dalam life support system,  prinsip eksternalitas dalam kaitan hubungan pusat  daerah menyangkut unsur administrasi dalam refleksi kewenangan dan dalam hubungan pengelolaan lingkungan.

"Yang paling penting kesiapan pelaksanaan yang mendorong pemerintah secara simultan mengerjakan kesiapan peraturan pelaksanaan UU termasuk teknologi, kesiapan RTRW dan Rencana Detail Tata Ruang  (RDTR)," katanya. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.