Dark/Light Mode

Puncak Peringatan HDI 2020 Digelar Semarak

Presiden Tunjukin Cintanya Ke Penyandang Disabilitas

Jumat, 4 Desember 2020 01:18 WIB
Puncak Peringatan HDI 2020 Digelar Semarak Presiden Tunjukin Cintanya Ke Penyandang Disabilitas

 Sebelumnya 
“Kuncinya di implementasi. Tugas kita selanjutnya adalah me mastikan semua kebijakan terlaksana dengan baik, di eksekusi dengan tepat, dirasakan manfaatnya oleh penyandang disabilitas,” tegas Presiden.

Presiden lalu bicara soal Komisi Nasional Disabilitas (KND) yang mempunyai peran sangat strategis sebagai sebuah lembaga non struktural yang bersifat independen dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Presiden berharap kehadiran KND akan menjadi tonggak pent ing untuk mempercepat pelaksanaan visi besar terhadap penyandang disabilitas.

Baca juga : Presiden Sahkan 9 Peraturan Turunan UU Disabilitas

“Tidak boleh ada satupun penyandang disabilitas tertinggal dari berbagai program dan layanan yang diberikan pemerintah. Semua kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah harus aktif mendukung mulai dari perlunya sinkronisasi data penyandang disabilitas secara nasional, melibatkan penyandang disabilitas dalam pembuatan dokumen rencana aksi nasional dan rencana aksi daerah dan kawal implementasinya agar semua rencana aksi berjalan efektif dan dirasakan manfaatnya oleh para penyandang disabilitas,” kata Presiden.

Di acara yang sama, Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan, penyandang disabilitas sama dan setara hak-hak nya dengan warga Indonesia lain nya, dan dijamin dalam undang-undang.

Baca juga : Kecam Penyiksaan TKI, Kemlu Sampaikan Tuntutan Kepada Dubes Malaysia

“Adalah kewajiban Negara mewujudkannya agar mereka mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengembangkan diri sebagai manusia yang bermartabat,” kata Mensos.

Juliari mengungkapkan, saat ini ada tiga kebijakan yang sedang dibahas Kementerian Sosial bersama lintas kementerian dan lemba ga yakni (1) Kebijakan pengumpulan dan harmonisasi data penyandang disabilitas lintas sektor; (2) Kebijakan pelibatan penyandang disabilitas dalam proses perencanaan dan penganggaran yang inklusif bagi penyandang disabilitas; (3) Perluasan jangkauan layanan yang terintegrasi dan komprehensif berbasiskan keluarga dan masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.