Dark/Light Mode

DPR Papua Lobi Fraksi di DPR RI Soal Revisi UU Otsus

Selasa, 22 Juni 2021 23:31 WIB
Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) menyambangi fraksi-fraksi di DPR RI untuk membahas revisi UU Otsus, Selasa (22/6). (Foto: Ist)
Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) menyambangi fraksi-fraksi di DPR RI untuk membahas revisi UU Otsus, Selasa (22/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR Papua (DPRP) berharap, fraksi-fraksi di DPR RI memahami secara utuh aspirasi masyarakat Papua dalam revisi Undang-Undang Otonomi Khusus (UU Otsus) yang saat ini sedang dibahas. 

Sekretaris Fraksi Demokrat DPRP Boy Markus Dawir mengingatkan, undang-undang ini untuk masyarakat Papua.

Baca juga : Sambangi Fraksi Di DPR RI, DPRP Harap Revisi Otsus Bisa Jawab Aspirasi Masyarakat Papua

"Jadi kami sebagai wakil rakyat di Provinsi punya kewajiban untuk mengingatkan pemerintah dan DPR RI agar revisi ini tepat sasaran alias tidak salah arah dan ujungnya dalam rangka proteksi dan keberpihakan yang nyata dan jelas pada orang-orang asli Papua," ungkap Boy Markus, usai bertemu fraksi-fraksi DPR, di Komplek Senayan, Jakarta, Selasa (21/6).

Menurut Boy, selama ini banyak opini yang berkembang, baik dari pemerintah maupun DPR RI, melalui Pansus Revisi UU Otsus yang hanya berkutat pada dua pasal saja.

Baca juga : Jokowi Diminta Evaluasi UU Otsus Papua

"Dan inilah persis kekeliruannya karena ini sama sekali tidak menjawab aspirasi masyarakat Papua. Kondisi hari ini sudah beda dengan situasi dulu saat awal mula Otsus. Dan ini harus kita jawab sekarang melalui revisi ini," lanjutnya.

Diungkapkannya, DPRP selama ini banyak mendapat masukan dari masyarakat dalam rangka memberi masukan terkait revisi ini. Karena itu, DPRP secara kelembagaan menyerahkan hasil kajian dan telaahan tersebut ke semua fraksi di DPR RI agar menjadi pemahaman bersama.

Baca juga : Hasil Rapimnas, Golkar Tolak Revisi UU Pemilu

"Jangan sampai apa yang dihasilkan oleh pemerintah dan DPR justru tidak menjawab aspirasi masyarakat Papua. Ini sangat berbahaya," wanti-wantinya.

Sejauh ini DPRP sudah mendatangi Fraksi Demokrat, Golkar, Nasdem, PPP, PAN, PKB dan Gerindra. Sedangkan pertemuan dengan fraksi PDIP dan PKS sedang diatur jadwalnya. "Tapi sejauh ini respon fraksi-fraksi di DPR sangat positif. Tinggal ke depan kita kawal bersama," tandas Boy. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.