Dark/Light Mode

Apresiasi Satgas Operasi Madago Raya, Buru 4 Anak Buah Ali Kalora

Kapolri Didukung Senayan

Rabu, 29 September 2021 07:20 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Polri)

 Sebelumnya 
“Saya akan senantiasa berkomitmen untuk memberikan reward kepada personel yang berdedikasi tinggi dalam pelaksanaan tugas dalam menjaga kamtibmas dari segala bentuk gangguan dari kelompok MIT,” tandas Sigit.

Di tempat terpisah, Anggota Komisi III DPR, Sarifuddin Sudding mengapresiasi pendekatan dan kebijakan Kapolri dalam melakukan penindakan terhadap kelompok teroris MIT pimpinan Ali Kalora. Dia pun mendukung upaya Satgas operasi Madago Raya dalam memburu empat sisa jaringan MIT yang berbasis di Sulteng ini.

Baca juga : Kapolri Minta Satgas Madago Raya Buru 4 DPO MIT

“Saya mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh atas langkah dan strategi yang dilakukan Tim Satgas Madago Raya yang telah berhasil menumpas kelompok teroris MIT Pimpinan Ali Kalora,” tegas Sudding, kemarin.

Politisi PAN ini mengatakan, memang persoalan di Poso ini cukup kompleks. Sebab, kelompokini memanfaatkan situasi sosial, ekonomi dan pemahaman agama, sehingga sikap radikalisme ini tetap tumbuh di Poso dan sekitarnya. Karena itu, dia mendukung upaya Kapolri untuk melakukan pengejaran dan penindakan terhadap jaringan MIT yang tersisa ini.

Baca juga : Apresiasi Bio Farma, Menaker Dukung Herd Immunity Dunia Usaha

“Masih ada 4 anggota (Jaringan MIT) yang kalau memang yang bersangkutan tetap tak mau menyerahkan diri dan tetap bertahan, maka langkah penindakan perlu dilakukan demi terciptanya keamanan kondusif di Sulawesi Tengah,” ujar politisi daerah pemilihan Sulawesi Tengah ini.

Lebih lanjut, Sudding menilai, upaya Satgas Madago Raya memberantas jaringan MIT sudah sangat luar biasa. Upaya tersebut tidak hanya berupa penindakan, tapi juga dalam bentuk imbauan kepada para anggota Ali Kalora untuk menyerahkan diri. Termasuk melakukan pemahaman kepada masyarakat sebagai upaya memutus mata rantai dengan kelompok MIT ini.

Baca juga : Ganjar Apresiasi Mahasiswa Rantau Yang Bertahan Di Jateng Selama Pandemi

Menurutnya, program deradikalisasi yang dilakukan Polri bersama lembaga lainnya, tokoh agama dan masyarakat cukup efektif memutus mata rantai dan simpati masyarakat kepada kelompok MIT ini. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.