Dark/Light Mode

Tren Perolehan Kursi Stagnan

PDIP Jabar Minta Caleg Gagal Realistis Menerima Kekalahan

Jumat, 31 Mei 2019 08:51 WIB
DPD Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Jawa Barat. (Foto: Istimewa).
DPD Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Jawa Barat. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP Jawa Barat (Jabar) meminta seluruh calegnya yang gagal, khsususnya tingkat DPRD realistis menerima kekalahan di Pileg 2019. Pasalnya, perolehan kursi PDIP stagnan.

Ketua DPD PDIP Jabar, TB Hasanudin mengakui, raihan kursi PDIP khsusnya di Jabar stagnan. Atas dasar itu, Hasanuddin meminta, seluruh calegnya realistis melihat hasil pileg.

Baca juga : TKN: Idealnya Inisiatif Dari Yang Kalah

“Saya kira kalau gejolak tidak ada. Kelihatannya cooling down, tapi kekecewaan itu ada, (karena hasil) tidak sesuai harapan. Tapi ini kan namanya permainan, ini sebuah perjuangan, ada lolos, ada yang tidak, saya kira harus realistis saja,” ujarnya, kemarin.

Dari perhitungannya, PDIP Jabar hanya bisa mengunci 20 kursi DPRD Jabar. Hasil ini sama dengan perolehan pileg tahun sebelumnya. Dari puluhan caleg lolos itu, banyak diisi muka-muka baru.

Baca juga : Jual Beli Jabatan Ada Di 13 Lembaga Pusat Daerah

“Kalau saya hitung persennya tidak bisa karena perbedaannya lain. Misalnya di DPRD provinsi dulunya 20 sekarang 20, itu stagnan tapi tidak mengejar target. Kalau saya lihat petahana 40 persen tidak lolos di semua tingkat,” jelasnya.

Kang Hasan, sapaan akrab TB Hasanuddin mengakui ada kekecewaan caleg yang tidak lolos. Tapi, dia meminta para caleg gagal tidak bersikap berlebihan. Dia pun menegaskan, raihan Pileg 2019 akan jadi bahan evaluasi secara bersamaan dengan kekalahan Jokowi di Jawa Barat.

Baca juga : Rasionalisasi Realita Kehidupan

Pasalnya, hasil rekapitulasi suara di KPU Jabar menyatakan pasangan petahanan Jokowi-Ma’ruf unggul di 6 daerah. “Untuk pileg, PDIP sekarang menurun. Kalau tidak salah rangking kedua, sementara Gerindra rangking pertama di Jawa Barat. Mereka berhak memposisikan diri jadi ketua DPRD,” katanya.

Dia mengatakan, evaluasi akan dilakukan secara menyeluruh. Hasil evaluasi itu akan disampaikan keseluruh kader PDIP. “Kami evalusi total dimana kekurangan, dimana kelebihannya,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.