Dark/Light Mode

Luhut Hakul Yakin

Sekali Ma’ruf Turun Kampanye, Suara Jokowi Pasti Terdongkrak

Selasa, 18 Desember 2018 12:09 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: IG @panjaitanluhut)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: IG @panjaitanluhut)

RM.id  Rakyat Merdeka - Luhut Binsar Panjaitan membantah sosok Ma’ruf Amin tidak berperan mendongkrak elektabilitas Jokowi. Bagi Luhut, bos MUI itu hanya perlu turun kampanye untuk membuat elektabilitas meroket. Ketua Dewan Pengarah Tim Bravo 5 ini menegaskan, kehadiran Ma’ruf Amin sebagai pendamping Jokowi sejauh ini cukup baik. Hanya dalam kampanye, Luhut akui ulama asal Banten itu belum banyak turun. “Ah, enggak (benar belum bisa mendongkrak suara Jokowi). Belum turun, beliau belum turun ke lapangan,” kata Luhut, di Kantor Wakil Presiden Jakarta, kemarin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu optimistis saat Ma’ruf turun ke lapangan, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf akan meningkat. Dia tak menyebut berapa banyak suara yang bisa diberikan tokoh Nahdlatul Ulama tersebut. “Kan kita belum turun, kalau sudah turun baru tahu,” ujarnya. Luhut lantas bocorkan hasil survei internal. Kata dia, survei tersebut dilakukan oleh Bravo 5, organ relawan yang didirikan sejak Pilpres 2014. Hasilnya, Jokowi-Amin masih unggul, hanya kalah di beberapa daerah saja. 

Baca juga : Golkar Pede Kuasai Aceh

Dalam survei itu, paslon 01 menang 54,4 persen di Jakarta. Jawa Barat hanya menguasai 48,3 persen. Untuk Jawa Tengah di atas 75 persen. Sedangkan dan Jawa Timur 61,8 persen. “Ada beberapa daerah yang masih rawan. Mungkin di Banten. Tapi Jawa Barat, kita margin of error. Yang lainnya kita menang mutlak,” kata Luhut. 

Saat ditegaskan kenapa suara di Banten turun padahal ada sosok Ma’ruf Amin, dia menegaskan, Ketua Majelis Ulama Indonesia itu belum berkampanye di sana. “Ya belum turun. Tapi nanti, begitu beliau turun, saya kira banyak pengaruhnya,” ungkap Luhut. 

Baca juga : Wow...Dana Kampanye Jokowi-Maruf Hampir Rp 1 T

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Raja Juli Antoni menuturkan, pihaknya terus berbenah diri. Memperbaiki strategi dan menutupi kekurangan yang ada agar bisa menjadi kelebihan.  “Itu akan terus kami perbaiki. Sehingga tiga bulan ke depan, kemenangan kami pastikan untuk Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin,” ujarnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.