Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kebut Verifikasi, Markas Buka 24 Jam

Minggu, 19 Juni 2022 07:35 WIB
Kantor Komite Eksekutif Nasional Partai Buruh di Jalan Raya PondokGede Nomor 11, RT 01 RW 02, Kelurahan Dukuh, Kecamatan KramatJati, Jakarta Timur. (Foto: Faqih Mubarok/RM)
Kantor Komite Eksekutif Nasional Partai Buruh di Jalan Raya PondokGede Nomor 11, RT 01 RW 02, Kelurahan Dukuh, Kecamatan KramatJati, Jakarta Timur. (Foto: Faqih Mubarok/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana markas Partai Buruh sore itu cukup ramai. Di depan gedung tiga lantai berkaca biru, nampak belasan motor dan sejumlah mobil parkir. Kantor partai besutan Said Iqbal itu terletak di Jalan Raya Pondok Gede Nomor 11, RT 01 RW 02 Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Sebenarnya, ini Kantor Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan gabungan serikat pekerja yang tergabung dalam KSPI. Ini kantor Presiden Partai Buruh, Said Iqbal sebelum bikin parpol.

Di depan, nama FSPMI dan gabungan Serikat Pekerja ini masih terpampang. Hanya ada dua spanduk yang menandakan ini Kantor Partai Buruh. Satu spanduk besar bergambar Sang Presiden, Said Iqbal. Satu lagi spanduk kecil di pos keamanan.

Baca juga : PGN Kebut 10 Proyek Gasifikasi Pembangkit Listrik Cluster Nusra & Sultra

Sekretaris Jenderal DPP Partai Buruh, Ferry Nurzali menyambut kedatangan Rakyat Merdeka ke Kantor Executive Comittee atau Komite Eksekutif Nasional Partai Buruh. Kalau di partai lain, namanya Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Kantor Komite Eksekutif Nasional Partai Buruh ada di dua lantai. Lantai 1 dan lantai 3. Ruang Presiden di lantai 1. Sementara ruang Sekjen, staf, ruang rapat dan webinar, ruang diskusi, dan ruang serbaguna, ada di lantai 3.

Ferry mengajak Rakyat Merdeka ke lantai 3. Di sana terlihat sejumlah orang tengah rapat. Di ruang tengah, nampak spanduk besar dan puluhan kursi kosong. Di sampingnya, ada ruang terbuka dengan karpet hijau. Ini dipakai untuk ibadah salat.

Baca juga : Partai Buruh Geruduk KPU

“Ini ruang besar buat diskusi melalui zoom dengan pengurus partai di daerah. Untuk diskusi juga bersama berbagai elemen, termasuk media,” kata Ferry saat ditemui di Kantornya, Jumat (17/6) sore.

Partai Buruh masih nyewa ke FSPMI. Namun, Ferry enggan menyebutkan berapa biaya sewa per tahunnya. “Sewa murah lah ke FSPMI. Kan masih satu jaringan. Duitnya dari iuran Rp 20 ribu per anggota. Ada 10 juta anggota. Iuran juga buat operasional lainnya,” tambahnya.

Rupanya, Kantor Komite Eksekutif Nasional Partai Buruh ini buka 24 jam. Apalagi jelang verifikasi Parpol. Aktifitas kian sibuk. Hampir setiap hari ada rapat. Bahkan, ada dua orang kader Partai Buruh yang baru datang setelah habis Maghrib. “Iya ada yang baru datang ini. Saya tiap hari ngantor. Mantau staf, dan diskusi. Kadang saya sampai nginap di sini,” tuturnya.

Baca juga : Cegah Hepatitis Masuk Kampung

Di lantai 1 dan 3, ada ruangan yang berisi tim khusus untuk input data verifikasi. Ada 15 orang yang mereka bayar untuk input data. Sisanya relawan. “Nggak perlu banyak orang karena kita ada Sipol Partai Buruh. Yang ngisi bukan pusat saja. Kabupaten dan kota bisa input. Di pusat hanya koordinasi data saja,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.