Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Haul Bung Karno Di Jateng

Ganjar Ambil Hati Trah Soekarno

Minggu, 26 Juni 2022 07:10 WIB
Acara Haul Bung Karno yang digelar di Benteng Vastenburg, Solo, Jateng. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)
Acara Haul Bung Karno yang digelar di Benteng Vastenburg, Solo, Jateng. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir-akhir ini, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo sedang menjadi kader PDIP yang baik. Setelah tidur di asrama sekolah PDIP, Ganjar menggelar acara haul Bung Karno, di Jateng. Banyak yang menilai sikap Ganjar ini untuk mengambil hati trah Soekarno agar mendukungnya nyapres.

Benteng Vastenburg, Solo, Jateng, dipilih Ganjar sebagai lokasi pelaksanaan haul Bung Karno, Jumat kemarin. Tidak seperti biasanya, bangunan bersejarah yang hari-hari biasa sunyi itu, mendadak ramai. Acaranya mewah dan meriah. Gemerlap lampu dan alunan doa, serta salawatan menggema dengan syahdu.

Ribuan orang berkumpul jadi satu. Tua muda bahkan para anak kecil rela duduk lesehan. Hanya beralaskan plastik dan koran. Mereka khusyuk mengikuti tahlilan Presiden Pertama Republik Indonesia itu. Sebuah acara yang digelar khusus untuk memperingati Haul ke-52 ayah dari bos Ganjar di PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Baca juga : Ganjar Seperti Disetrap Di Kandangnya Sendiri

Acara diawali dengan tahlilan dan doa bersama yang dipimpin pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’aniy Az-Zayadiyy Laweyan Solo, KH Abdul Karim atau yang akrab disapa Gus Karim. Setelah itu, ribuan massa bersalawat bersama yang dipimpin oleh Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf alias Habib Syech Solo.

Acara ini juga tak cuma diramaikan oleh masyarakat Solo. Banyak pengunjung rela datang dari berbagai daerah seperti Demak, Semarang, Wonogiri, Blora dan daerah lainnya. Selain masyarakat umum, tampak juga para kader Banteng. Mereka mengenakan seragam merah, mereka ikut berdoa dan bersalawat bersama ribuan masyarakat lainnya.

Di sela-sela salawat, Habib Syech mengatakan acara ini dihelat untuk memperingati kebesaran dan perjuangan Soekarno. Dia juga sudah lama merindukan acara salawatan yang biasanya rutin digelar bersama Ganjar.

Baca juga : Emak-Emak Lampung Doain Ganjar Jadi Presiden

Namun sayangnya Ganjar tidak bisa hadir di acara tersebut. Informasi itu dibenarkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov Jateng, Agung Kristiyanto. "Njih," kata Agung saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka terkait kehadiran Ganjar.

Meski tak hadir, Ganjar memasang video acara tersebut di akun Instagramnya, ganjar_pranowo. Di dalam keterangan videona, dia mengucapkan, alhamdulillah haul Bung Karno terlaksana dengan lancar di Benteng Vastenburg, Solo. Acara tahlil dan salawatan bersama Habib Syech dan Gus Karim diikuti ribuan masyaraat Solo dan Sekhermania dari berbagai kota

“Beginilah cara kami mengenang dan mencintai Bung Karno. Semoga kita bisa meneladani perjuangan dan kecintaan beliau terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Kapolri: Komitmen Menjaga Nilai-Nilai Toleransi Dan Kebersamaan

Sebelum menggelar Haul ke-52 Soekarno, Ganjar juga telah beberapa kali menunjukan komitmen sebagai Banteng yang baik. Misalnya, Ganjar ikut serta di sekolah kepala daerah PDIP di gedung Sekolah PDIP, Lenteng Agung alias LA, Jakarta. Ganjar muncul di LA dengan wajah semringah. Ia mengenakan seragam merah lengan panjang dengan logo Banteng di dada kiri. Nama Ganjar dengan huruf kapital tercetak tebal di dada kanan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.