Dark/Light Mode

Rakyat Masih Percaya Parpol

Beringin Dan Bulan Bintang Bukan Kacang Yang Lupa Sama Kulitnya

Minggu, 31 Juli 2022 08:00 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Masalahnya, katanya, saat Pemilu justru partai lain yang menang di daerah tersebut. Bahkan, di lokasi penggusuran yang kala itu dibela Yusril dan PBB justru ke parpol lainnya. PBB, yang membela mereka malah sedikit sekali suaranya.

“Artinya kalau masyarakat ingin punya wakil rakyat yang bisa dipercaya, harus menjadi pemilih yang rasional, dan cerdas untuk memilih partai yang konsisten membela hak-haknya,” pungkasnya.

Baca juga : Jasa Raharja Bakal Kasih Santunan Buat Korban Kecelakaan Odong-odong Yang Tertabrak KA

Sebelumnya, Indopol Survey dan Consulting merilis hasil survei ihwal kepercayaan publik terhadap partai politik. Hasilnya, 64,07 persen responden menyatakan masih percaya terhadap partai politik di Indonesia. Sisanya, 35, 93 persen tidak percaya dengan parpol.

Direktur Eksekutif Indopol Survei dan Consulting, Ratno Sulistiyanto merincikan, dari 64,07 persen publik yang percaya, sebanyak 52,16 persen menilai parpol dapat menampung aspirasi rakyat. Sebesar 12,94 persen menyatakan parpol melakukan pembangunan di daerahnya.

Baca juga : Mahfud: Orang Pakai Dinar Dan Celana Cingkrang Jangan Dicap Radikal

Selanjutnya, 10,15 persen publik mengaku bahwa partai politik memberikan paket bantuan kepada masyarakat. Kemudian, 8,38 persen lainnya menyatakan, parpol melakukan penyuluhan di daerahnya.

Sementara itu, dari 35,93 persen publik yang tak percaya, 29,64 persen di antaranya menilai bahwa parpol tak menampung aspirasi warga. Lalu, 11,76 persen publik menyatakan, parpol sudah kehilangan ideologi, norma kejujuran, integritas, dan kehormatan. “Anggapan rusaknya sistem politik 11,54 persen ikut menjadi penyumbang terbesar terhadap ketidakpercayaan terhadap partai politik,” ujar Ratno, di Jakarta.

Baca juga : Saat Denny Indrayana Dan BW Pasang Badan Bela Mardani Maming Yang Jadi Tersangka KPK

Survei ini digelar pada 24 Juni hingga 1 Juli 2022 dengan wawancara secara tatap muka. Responden berjumlah 1.230 orang dengan margin error sekira 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengambilan sampel dengan cara multistage random sampling. Di mana jumlah responden tiap provinsi di wilayah Indonesia diambil secara proporsional berdasarkan Proyeksi Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2021. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.