Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penuhi Semua Kriteria

Demokrat Sebut AHY Pantas Dampingi Anies

Sabtu, 22 Oktober 2022 07:40 WIB
Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)
Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat sangat per­caya, Cawapres yang diinginkan eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan adalah Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Pada kriteria itu, AHY memenuhi syarat,” ujar Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat itu menyebut, ada tiga kriteria Cawapres Anies yang di­miliki AHY. Yaitu, berkontribusi dalam pemenanganatau memi­liki elektabilitas, didukung partai politik, hingga berperan sebagai dwi tunggal dalam Pemerintahan ke depan.

Baca juga : Ibas Ajak Emak-Emak Bedakan Kebutuhan Dan Keinginan

Herzaky yakin, semua ktiteria itu dimiliki AHY memenuhi syarat. Dirincikan, Sang Ketum memiliki elektabilitas di bursa Pilpres 2024. Bahkan, tidak jarang dimunculkan pada simu­lasi duet Anies-AHY yang mengungguli calon kandidat lain.

Kemudian, AHY juga dise­but memiliki partai politik dansuara lantang di parlemen. Terakhir, AHY juga bisa diandalkan sebagai di tunggal di Pemerintahan bertajuk Anies-AHY. “Pembahasan terkait cawapres, seperti yang kami sampaikan kemarin, baru pada kriteria. Belum pada nama,” kilahnya.

Dikatakan, sekalipun saat ini sedang dekat Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat masih belum mematangkan soal koalisi menu­ju Pilpres 2024. “Koalisi belum final, karena tim masih bekerja untuk memantapkan strategi pemenangan,” terangnya.

Baca juga : Prabowo Diterima Baik Pemilih Ganjar Maupun Anies

Baginya, Pemilu 2024 ha­rus digarap dengan serius. Partai Demokrat ingin menang. Asumsinya, yang dilawan nanti tidak bisa dianggap enteng. Maka, semua strategi, teknik, dan taktik, termasuk sumber da­ya harus dihitung secara matang.

Nah, salah satu hitungan matang itu ada di AHY. Sang Ketum, dianggap rakyat sebagai pe­mimpin representasi perubahan, lulusan Harvard dalam bidang public administration, punya latar belakang militer, dan bebas dari korupsi. “Tujuan utama kami kemenangan. Dengan kemenangan, baru kami bisa mewujudkan perubahan dan perbaikan untuk rakyat, bangsa, dan negara ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Anies telah membeberkan tiga kriteria untukmemilih figur Cawapres. Ini, adalah jawaban atas hak yang diberikan Ketum Partai NasDem Surya Paloh untuk mencari Cawapres sendiri. NasDem, belum lama ini telah mendeklarasikan Anies sebagai Capres.

Baca juga : Pemerintah Perkuat Kebijakan Satu Data

Tiga kriteria itu adalah. Pertama, memberikan kontribusi dalam kemenangan. Kedua, membantu memperkuat ko­alisi, stabilitas koalisi. Ketiga bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif. Ihwal Cawapres, Anies mengaku tidak terburu-buru menentukan pili­han. Asumsinya, masih banyak waktu.

“Saya rasa akan lebih bijak apabila proses penentuan pa­sangan itu dilakukan dengan seksama dan bukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya,” ujar Anies di NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Senin (17/10).

Tak lama kemudian, Partai Demokrat terkesan ingin mengawinkan Anies dengan AHY untuk kontestasi elektoral men­datang. Anies-AHY, kompak disuarakan kader Mercy sebagai figur yang merepresentasikan semangat perubahan dan perbai­kan untuk Pemilu 2024. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.