Dark/Light Mode

Selaras Dengan PDIP Soal Pemilu Proporsional Tertutup

PBB Sodorkan Duet Puan-Yusril

Minggu, 29 Januari 2023 07:55 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Afriansyah Noor. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Afriansyah Noor. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunikasi Partai Bulan Bintang (PBB) dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) semakin intens menjelang Pemilu 2024. Dua partai ini memiliki banyak kesamaan ihwal kebangsaan. Tidak menutup kemungkinan bakal berkoalisi di Pilpres 2024.

“Kami (PBB dan PDIP) me­miliki kesamaan visi dalam membangun bangsa dan negara,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Afriansyah Noor kepada Rakyat Merdeka, ke­marin.

Pria yang kerap disapa Ferry ini menceritakan, keakraban dua partai ini tercermin atas perte­muan tertutup dirinya dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/1). Dia meng­klaim, PBB dan PDIP banyak memiliki kesamaan.

Baca juga : Banteng Lagi Melawan Arus

Utamanya, kata Ferry, tentang pelaksanaan Pemilu dengan sistem proporsional tertutup. Sejauh ini, hanya PBB yang selaras dengan ide banteng ini. Dua partai itu berkomitmen, Pemilu tidak langsung jadi re­sep jitu mengurangi hegemoni kekuasaan oligarki.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan itu mengungkapkan, pertemuannya dengan Hasto berlangsung hangat dan cair. Selain berbicara tentang kebang­saan dan kemajuan bangsa dan koalisi yang akan dibangun an­tara kedua partai, PBB juga me­nyodorkan jagoannya di Pilpres 2024, yakni Ketua Umum Yusril Ihza Mahendra sebagai calon wakil presiden.

“PBB realistis saja mengusul­kan calon wakil presiden Prof Yusril Ihza Mahendra kepada PDIP yang akan dipasangkan dengan siapapun, kami akan menerimanya. Termasuk dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Pilpres 2024. PBB siap men­dukung penuh dan memenang­kan pasangan calon tersebut,” pungkasnnya.

Baca juga : Ciptakan Insan PNS Profesional, BNPT Akan Bentuk Dewan Pengurus Korpri

Hasto membenarkan pertemuan dengan Afriansyah Noor. Dia mengklaim, peluang berkoalisi dengan PBB sangat terbuka. Namun saat ini masih dalam tahap penjajakan.

Menurutnya, sesuai dengan amanat Kongres PDIP, ter­kait calon yang akan diusung, sepenuhnya diserahkan kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Hasto mengaku, PDIP me­miliki sejarah yang panjang dengan PBB. Kekuatan Islam dan Nasionalis selalu bersama-sama dalam membangun bangsa dan negara.

Baca juga : Nolak Sistem Proporsional Tertutup, 8 Parpol Takut Kehilangan Kursi

“Saya kira pasangan Puan-Yusril layak diperjuangkan dan diwujudkan, sehingga bisa men­jadi Presiden dan Wakil Presiden 2024,” ujar Hasto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.