Dark/Light Mode

Bursa Cawapres

Imin Selobang Jarum

Minggu, 30 April 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kediaman Prabowo, Kertanegara IV, Jakarta, Jumat (28/4/23). (Foto: Dwi Pambudo/RM).
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kediaman Prabowo, Kertanegara IV, Jakarta, Jumat (28/4/23). (Foto: Dwi Pambudo/RM).

 Sebelumnya 
Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani menambahkan, pertemuan Prabowo dan Cak Imin membahas beberapa persoalan yang terkait dengan Pilpres serta bertukar informasi terkait pertemuan-pertemuan politik dengan sejumlah tokoh. Prabowo misalnya, menceritakan hasil pembicaraan bertemu dengan tokoh-tokoh, termasuk dengan Presiden Jokowi.

“Kesimpulannya Gerindra dan PKB harus tetap solid seperti yang sudah kita deklarasikan 13 Agustus 2022,” ucap Muzani.

Baca juga : Inara Rusli, Suami Serong Lagi

Senada disampaikan Wasekjen PKB Syaiful Huda. Ia bilang, dari hasil pertemuan itu Cak Imin dimungkinkan menjadi pendamping Prabowo. “Walaupun Muktamar memandatkan Cak Imin sebagai calon presiden, tentu kita akan berkompromi dan paling tidak sebagai wakil presiden,” ujar Syaiful.

Simulasi capres-cawapres, dilakukan dengan mengambil 3 capres yang elektabilitasnya tertinggi dalam survei, yaitu Prabowo Yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Lalu ketiga tokoh ini dipasangkan dengan cawapres yang berbeda-beda.

Baca juga : Sekber Jokowi Nusantara: Erick Thohir, Cawapres Idaman Ganjar

Diantara simulasi capres-cawapres itu, dimana Prabowo dipasangkan dengan Airlangga. Pasangan ini mendapat suara tertinggi, mengalahkan pasangan Ganjar-Sandiaga Uno dan Anies Baswedan dengan Chairul Tanjung. Prabowo-Airlangga 28,8 persen, unggul sangat tipis dari Ganjar-Sandiaga sebesar 28,3 persen dan Anies-Chairul Tanjung 19,7 persen. Responden yang belum menjawab atau tidak tahu adalah 23,2 persen.

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, M Jamiluddin Ritonga mengatakan, Golkar berpeluang merapat dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Jika ini terjadi, keputusan ada di tangan Prabowo apakah akan memberikan kursi cawapres kepada Airlangga atau tidak. Kata dia, Golkar saat ini berpeluang bergabung dengan Gerindra selama mendapat jatah calon wakil presiden.

Baca juga : Jokowi: Prabowo Cawapres Potensial Ganjar Pranowo

“Peluang Muhaimin jadi selobang jarum menjadi cawapres. Namun selama Cak Imin mendapat kompensasi, ada peluang PKB tetap bertahan dalam koalisi,” ujar Jamiluddin, kemarin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.