Dark/Light Mode

PKS Ingin Papua Maju, Adil, Dan Sejahtera Dalam Bingkai NKRI

Kamis, 20 Juli 2023 21:11 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan, Papua memiliki tempat istimewa bagi PKS.

Sebab, Bumi Cenderawasih punya latar sejarah istimewa ketika bergabung dengan NKRI, sehingga memiliki status otonomi khusus.

Selain itu, Papua merupakan etalase bagi Indonesia sebagai provinsi paling timur dan berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Papua juga merupakan wajah konkret kebhinekaan atau keberagaman Indonesia.

"PKS hadir untuk merayakan keberagaman ini. Meski PKS partai Islam, tetapi PKS terbuka dan milik seluruh rakyat Indonesia, termasuk di Papua," ujar Jazuli.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber utama pada acara Dialog Kebangsaan yang digelar oleh DPW PKS Papua dengan tema "Melukis Indahnya Keberagaman Papua", di Jayapura, Rabu (19/7).

Baca juga : PSI Minta Eksportir Nakal Segera Diungkap

Kita ingin berkolaborasi dengan sebanyak mungkin tokoh Papua dan, Alhamdulillah PKS diterima di sini. Banyak tokoh masyarakat Papua yang bergabung bersama PKS," sambung Anggota Komisi DPR ini. 

Menurut Jazuli, hal ini menunjukkan bahwa di tengah perbedaan masih sangat banyak persamaan atau titik temu yang bisa dikolaborasikan.

"Sehingga kita tidak perlu mencari-cari perbedaan, tapi bagaimana kita bersatu dan bersama-sama membangun Papua yang maju, adil, dan sejahtera dalam bingkai NKRI," tuturnya.

Jazuli menambahkan, PKS berkepentingan dan berkomitmen agar sampai kapan pun, keistimewaan dan kekhususan Papua tetap terjaga dalam bingkai NKRI.

Papua menjadi pivot dari upaya negara untuk mewujudkan persatuan nasional yang bersumber dari keadilan dan pemerataan pembangunan.

Bagi PKS, kata Jazuli, persatuan nasional sangat penting di tengah realitas keberagaman bangsa Indonesia yang luar biasa dan tantangan dunia.

Baca juga : Pesantren Punya Peran Strategis Dalam Mitigasi Perubahan Iklim

Namun, tidak akan ada persatuan tanpa keadilan dan pemerataan pembangunan yang dirasakan seluruh rakyat Indonesia, termasuk di Papua.

"Itulah pesan utama dari dialog kebangsaan PKS di berbagai tempat," imbuh Jazuli.

Diingatkannya, pembangunan itu selaras dengan tujuan bernegara, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Kemudian, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Serta, ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

"Tentu tujuan bernegara itu bisa kita ikuti dan kita evaluasi agar selalu meningkat dan mengarah lebih baik," terang Jazuli.

Baca juga : Atase Pendidikan dan Kebudayaan Miliki Peran Strategis dalam Diplomasi Publik

Tujuan bernegara itu merupakan proses yang tidak akan berkesudahan sepanjang negara ini masih ada.

Dan PKS memastikan, tujuan bernegara itu riil dan konkret dilaksanakan di seluruh wilayah Papua.

Maka, Jazuli meminta seluruh anggota dewan PKS di Papua harus turun dan aktif mengadvokasi kepentingan rakyat Papua.

"PKS siap berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat Papua untuk menjaga NKRI, mengokohkan persatuannya, serta mewujudkan keadilan dan pemerataan pembangunan di bumi Papua sehingga masyarakat Papua maju, bermartabat, adil dan sejahtera," pungkas Jazuli.

Acara tersebut dihadiri tokoh masyarakat Papua, Ketua DPW PKS Papua Kusmanto dan jajaran PKS Papua, seluruh Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD), serta kader dan simpatisan PKS Papua.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.