Dark/Light Mode

Rapimnas II Di Ancol Ditutup Kemarin

OSO Diminta Jadi Ketum Hanura Lagi

Minggu, 9 Juni 2024 08:00 WIB
Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta (OSO) beserta para pengurus Hanura seluruh Indonesia saat penutupan Rapimnas, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (8/6/2024). (Foto: Hanura)
Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta (OSO) beserta para pengurus Hanura seluruh Indonesia saat penutupan Rapimnas, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (8/6/2024). (Foto: Hanura)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapimnas II Partai Hanura di Mercure Hotel Ancol, Jakarta, resmi ditutup, Sabtu (8/6/2024). Dalam kesempatan itu, Oesman Sapta yang akrab disapa OSO, diminta untuk kembali menjadi Ketua Umum Partai Hanura.

Permintaan ini disampaikan oleh seluruh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Hanura di Indonesia. Permintaan itu disampaikan para DPD dalam pernyataan sikap pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II.

Pernyataan sikap ini dibacakan oleh Ketua DPD Hanura Papua Barat Daya, Charles Lmbir. Mewakili seluruh kebatinan DPD, Charles menyebut, Hanura perlu ada kesinambungan kerja, khususnya untuk menghadapi Pemilu 2029.

“Maka, DPD Partai Hanura seluruh Indonesia meminta kesediaan Bapak Oesman Sapta untuk melanjutkan kepemimpinan Ketua Umum masa bakti 2024-2029,” kata Charles.

Baca juga : Firman Soebagyo: Masih Cukup Waktu Untuk Persiapan

Menurut dia, pernyataan kesediaan OSO memimpin Hanura periode 2024-2029 harus dituangkan dalam keputusan Rapimnas II, beserta sikap DPD seluruh Indonesia. Hal ini menjadi dasar Musyawarah Nasional (Munas) Partai Hanura yang akan digelar Desember mendatang.

Teknisnya, kata dia, tindak lanjut sikap DPD Partai Hanura se-Indonesia terkait kepemimpinan keberlanjutan akan disampaikan berjenjang di tingkat daerah, dan pada seluruh DPC Partai Hanura akan disampaikan sikap yang sama. Dengan begitu, momen bersejarah ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sikap seluruh DPD Hanura seluruh Indonesia.

Pernyataan sikap pengurus DPD seluruh Indonesia ini disambut positif forum Rapimnas II Partai Hanura. Hal itu nampak jelas dalam salah satu poin pernyataan politik Rapimnas II Partai Hanura yang dibacakan oleh Sekjen Partai Hanura, Benny Rhamdani.

Benny mengamini, perlu ada kesinambungan kerja yang kuat untuk menghadapi Pemilu 2029. Instrumennya hanya satu, yakni kesinambungan kepemimpinan partai.

Baca juga : Dimas P Wardhana: Kami Minta Tapera Dibatalkan Saja Deh

“Untuk itu, DPD Partai Hanura se-Indonesia meminta kesediaan Bapak Ketua Umum Oesman Sapta untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai Ketua Umum Partai Hanura masa bakti 2024-2029,” tutur Benny.

Ia mengungkapkan, sejauh ini OSO belum mengiyakan permintaan dari seluruh pengurus Hanura tersebut. “Beliau berterima kasih. Memang belum menjawabnya. Nanti dijawab di Munas sikap resminya,” tandas Benny.

Selain soal posisi Ketua Umum, Rapimnas II Partai Hanura juga merekomendasikan sejumlah poin. Total ada 14 poin rekomendasi dari hasil Rapimnas II 2024.

Di antaranya pemekaran wilayah dalam Undang-Undang Pemerintahan Daerah, politik luar negeri bebas aktif, kondisi penegakan hukum, pemberantasan korupsi, evaluasi Pemilu, penolakan terhadap ambang batas suara di parlemen (Parliamentery Threshold) 4 persen, pendidikan merata, dan persoalan tenaga kerja.

Baca juga : Wapres Minta Tambahan Kuota Sama Arab Saudi

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 9 Juni 2024 dengan judul Rapimnas II Di Ancol Ditutup Kemarin, OSO Diminta Jadi Ketum Hanura Lagi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.