Dark/Light Mode

Program Tapera Baru Dilaksanakan Tahun 2027

Firman Soebagyo: Masih Cukup Waktu Untuk Persiapan

Minggu, 9 Juni 2024 07:50 WIB
Firman Soebagyo, Anggota Badan Legislasi DPR
Firman Soebagyo, Anggota Badan Legislasi DPR

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar baik untuk masyarakat Indonesia. Yakni, program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) ditunda hingga 2027.

Keputusan itu diungkapkan Ketua Komite BP Tapera, Basuki Hadimuljono di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

Kata Basuki, berdasarkan ketentuan yang ada, implementasi program Tapera memang dilaksanakan pada 2027. "Bukan sekarang," tandasnya.

Baca juga : Dimas P Wardhana: Kami Minta Tapera Dibatalkan Saja Deh

Sebelumnya, Basuki mengatakan, penerapan simpanan wajib Tapera bisa saja diundur jika diusulkan DPR.

Basuki juga mengaku akan berbicara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani soal peluang penundaan ini. "Kalau ada usulan DPR, misalnya untuk diundur, saya sudah kontak dengan Bu Menkeu, kita akan ikut," katanya di Gedung DPR, Kamis (6/6/2024).

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi, Dimas P Wardhana belum puas kendati Tapera ditunda.

Baca juga : Wapres Minta Tambahan Kuota Sama Arab Saudi

Kalangan buruh, menurutnya, bukan menuntut penundaan, tetapi pembatalan program Tapera. "Kita minta bukan ditunda, tapi supaya dibatalkan, seperti Omnibus Law Ciptaker," ujar Dimas.

Anggota Badan Legislasi DPR, Firman Soebagyo mengapresiasi penundaan. "Ini merupakan solusi yang baik untuk semua pihak," tandasnya.

Menurut Firman, program Tapera sangat baik untuk pekerja, apalagi bagi yang belum memiliki rumah untuk keluarganya.

Baca juga : Kata Cak Imin, Peluang Amandemen Terbuka...

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Firman Soebagyo mengenai hal ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.