Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Didukung Empat Partai, Kala`-Etha Deklarasi Maju Pilkada Toraja Utara

Rabu, 19 Agustus 2020 06:24 WIB
Calon Bupati Kalatiku Paembonan (kanan) dan Calon Wakil Bupati dr Etha Rimba P Tandi Payung (Kala`-Etha)
Calon Bupati Kalatiku Paembonan (kanan) dan Calon Wakil Bupati dr Etha Rimba P Tandi Payung (Kala`-Etha)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Kalatiku Paembonan dan dr Etha Rimba P Tandi Payung (Kala'-Etha) telah mendeklarasikan untuk maju dalam ajang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2020.

Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tersebut telah mendapat dukungan dari sejumlah partai pengusung, yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, PKPI, dan Perindo. Pasangan ini juga didukung tim "Sahabat Etha".

Deklarasi tersebut digelar di hotel Misiliana Kecamatan Kesu, Selasa (18/7) secara virtual atau live streaming dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kala' yang membuka pidato dengan seruan merdeka mengatakan, deklarasi dilakukan untuk memberi informasi ke rakyat Toraja Utara, sebab ada satu pasang calon dari usungan partai-partai yang selama ini mendapat kehormatan di hati rakyat.

Baca juga : Urgensi Kolaborasi untuk Majukan Pendidikan Nasional

"Walau melalui aplikasi zoom, namun dengan pemahaman terhadap kondisi berat yang dialami bangsa kita merebaknya virus corona dengan pengertian mendalam ini, karena menurut gelora pendukung mestinya tidak kumpul di sini hendaknya keliling kota ramai-ramai, meski zona hijau kita tidak ingin membuat masalah," ujar Kala'.

Kala' mengungkapkan, meski dalam 4 tahun masa jabatannya sudah membuktikan pencapaian pelayanan yang baik, namun kepemimpinan itu perlu dilanjutkan untuk menuntaskan yang belum selesai.

Bersama Etha sebagai wakilnya, dia berjanji menuntaskan pelayanan yang dianggapnya belum selesai.

"Empat tahun telah berlalu hampir 5 tahun satu April masa pelayanan itu berakhir, namun upaya pelayanan itu walau dengan sungguh-sungguh telah dilakukan saya rasa masih perlu menuntaskan lagi dalam 5 tahun kedepan. Bersama dokter Etha saya akan mentuntaskan semua itu," paparnya.

Baca juga : Golkar Mau Bangun Koalisi Gemuk Di Pilkada Wakatobi

Dia pun menyebutkan keberhasilan pembangunan Toraja Utara di bawah kepemimpinannya, di antaranya pembangunan jebatan dan jalan sepanjang 372 Km lebih 27 km dari target RPJM.

Dia pun berkomitmen akan meningkatkan pencapaian tersebut di masa kepemimpinan periode berikutnya.

"Apa yang ingin dituntaskan jiwa semangat hakikat dari pemekaran yang diperoleh 12 tahun lalu itu tonggak sejarah, untuk meningkatkan pelayanan ke rakyat Toraja Utara, beberapa hal yang mengitari itu kita berusaha sekuat tenaga memberikan pelayanan kepada rakyat," tuturnya.

Sejumlah perwakilan partai pun menyatakan dukungannya kepada Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara pasangan Kala'-Etha.

Baca juga : Diusung Banteng, Afifah Cetak Sejarah Di Pilkada Depok

Ketua DPC PDI Perjuangan Toraja Utara Samuel Matasak mengatakan, meski dunia sedang mengalami pandemi Covid-19, namun proses penetapan calon bupati dan wakil bupati dapat diselesaikan.

PDIP pun telah memutuskan pasangan Kala'-Etha sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara.

"Semua proses telah berakhir dengan selamat dan pada akhirnya PDI Perjuangan menjatuhkan pilihan kepada kandidat kita saat ini Bapak Kalatiku dan dokter Etha, selamat di tangan kalian telah memegang rekomendasi dari PDI Perjuangan," tutur Samuel.

Sementara Ketua DPC Partai Gerindra Toraja Utara Marthen Bida menyatakan, partainya siap mendukung Kala'-Etha dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.