Dark/Light Mode

Di HUT Golkar Ke-56

Para Kepala Daerah : Teknologi Digital Permudah Pelayanan Publik

Rabu, 21 Oktober 2020 16:44 WIB
Di HUT Golkar Ke-56 Para Kepala Daerah : Teknologi Digital Permudah Pelayanan Publik

RM.id  Rakyat Merdeka - Para kepala daerah menilai penggunaan teknologi aplikasi berbasis digital diyakini bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal pelayanan publik.

Meski begitu, kemudahan penerapan pelayanan publik berbasis digital itu, masih minim partisipasi masyarakat.

Demikian salah satu pembahasan dalam webinar series rangkaian acara HUT Partai Golkar ke-56 yang digelar di Jakarta, Rabu (21/10).

Baca juga : Vaksin Diprioritaskan Untuk Tenaga Medis Dan Petugas Pelayanan Publik

Para kepala daerah yang hadir dalam webinar tersebut yakni, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Bupati Musi Banyuasin, Dodi Alex Noerdin dan Bupati Batang, Wihaji.

“Banyak layanan aplikasi dalam pelayanan publik di daerah-daerah, tapi tingkat partisipasinya sangat rendah. Masih banyak masyarakat yang enggan untuk memanfaatkannya,” kata Wihaji.

Sebagai kepala daerah, Wihaji mengatakan ia setiap tahun memberikan arahan ke perangkat daerah untuk terus melakukan inovasi khususnya dalam hal pelayanan publik kepada masyarakat.

Baca juga : 56 Persen Kepala Daerah Bermasalah Bukan Kader Parpol

“Minimal setiap tahun ada tiga inovasi yang efektif, efiseien dan sederhana,” ujarnya.

Ia juga mengatakan penggunaan teknologi dalam pelayanan publik harus memiliki prinsip mempermudah pelayanan.

“Teknologi jangan sampai malah mempersulit publik,” tegasnya.

Baca juga : Partai Golkar Serukan Gerakan 3 M Di Pilkada 2020

Di tempat yang sama, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan pihaknya terus melakukan gerakan Public Service 4.0. 

Mulai dari insfrastruktur yang di dalamnya ada jaringan wifi gratis untuk 300 titik dan pembangunan gedung inovasi Tangerang Selatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.