Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Partai UKM Klaim Didukung Relawan Jokowi Dan Prabowo

Kamis, 19 November 2020 06:26 WIB
Deklarasi Partai UKM dilakukan di Lumere Hotel Dan Convention, Senen, Jakarta Pusat. (Foto: Ist)
Deklarasi Partai UKM dilakukan di Lumere Hotel Dan Convention, Senen, Jakarta Pusat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai UKM (Usaha Kecil Menengah) mengaku banyak didukung para relawan Jokowi dan Prabowo. Jumlahnya, mencapai ratusan relawan dari berbagai jaringan ikut bergabung.

“Kita banyak didukung relawan Jokowi. Cuma tidak kita tulis relawan Jokowi, karena yang dirangkul bukan hanya relawan Jokowi saja. Makanya kita tulis relawan politik saja. Supaya netral,” jelas Sekretaris Jenderal Partai UKM, Syafruddin Budiman kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Saat ini, sebutnya, jaringan Jokowi ada 1.800 relawan, tapi yang riil ada 500. Yang bergabung ke Partai UKM ada sekitar 100 relawan. Yang membuat Syafruddin lebih gembira adalah, yang ikut bergabung merupakan para pentolan dan pejuang.

“Bukan yang receh-receh lah,” pedenya.

Baca juga : Penumpang Melahirkan Di Pesawat Lion Air, Ibu Dan Anak Selamat

Dibeberkan dia lagi, tak hanya relawan Jokowi saja yang bergabung ke Partai UKM, karena relawan Prabowo juga banyak yang bergabung.

“Alhamdulillah, respon relawan Prabowo juga baik dan banyak yang bergabung ke kita,” katanya.

Animo masyarakat yang bergabung cukup banyak, susunan kepengurusan Partai UKM sudah ada di 33 provinsi. Hanya Papua yang belum terbentuk.

Saat ini, fokus para pengurus Partai UKM adalah pembentukan struktur kepengurusan di tingkat kabupaten/kota dan kecamatan.

Baca juga : Relawan Kesehatan Gelar Donor Darah

Dia menargetkan, selama 2021, seluruh kepengurusan harus sudah terbentuk. Minimal, sesuai aturan di dalam Undang-Undang Partai Politik.

“Dalam waktu satu tahun ini kita geber, 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kota dan 50 persen di kecamatan,” imbuhnya.

Seperti diberitakan, pada 10 Nopember 2020 Partai UKM dideklarasikan. Setelah resmi mendeklarasikan sebagai partai politik, pengurus akan menghadap ke notaris untuk mengesahkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai UKM.

“Dalam minggu ini kita daftarkan dulu ke notaris. Setelah itu, baru kita akan proses selanjutnya,” ungkap Syafrudin.

Baca juga : Pemerintah Dukung Wirausahawan Mikro, Pejuang Ekonomi Garis Depan

Dijelaskannya, Partai UKM lahir sebagai partai yang ingin mensejahterakan umat dan masyarakat, menuju masyarakat yang sejahtera, yang dalam agama Islam disebut sebagai Masyarakat Madani.

Gus Din --sapaan Syafrudin Budiman-- menyatakan, dasar partai adalah Pancasila, dan asas Partai UKM adalah Pancasila dan UUD 1945.

Menurutnya, Partai UKM berlandaskan Ekonomi Kerakyatan, Partai UKM adalah partai nasionalis yang ingin memperjuangkan para Pengusaha Kecil dan Masyarakat Bawah. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.