Dark/Light Mode

Membisu Saat Menterinya Ditangkap KPK

Mega Dan Prabowo Sebelas Dua Belas

Selasa, 8 Desember 2020 07:07 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bersilaturahmi ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bersilaturahmi ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Berbeda dengan Dahnil, Ketua DPP Gerindra Hendarsam Marantoko menegaskan, Prabowo tak perlu memberikan pendapatnya terkait Edhy. "Sudah cukup diwakili oleh Ketua Harian, Sekjen dan Pak Hashim," katanya.

Sikap Mega dan Prabowo yang sama-sama diam ini menjadi perhatian para analis politik. Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menilai, korupsi adalah kasus serius. Berapa pun nominalnya. Apalagi sedang terbangun persepsi di masyarakat, upaya pemberantasan korupsi melemah.

Baca juga : Pesta Banteng Ternoda

Karena itu, harusnya Mega dan Prabowo bicara. "Presiden selaku pimpinan eksekutif pun sudah bicara," kata Djayadi, saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, semalam.

Dia pun menyarankan Mega dan Prabowo segera berbicara. Tujuannya, untuk menunjukkan keduanya bertanggung jawab atas yang dilakukan anak buahnya.

Baca juga : Komisi IV Sudah Ingatkan Edhy, Ekspor Benur Rawan Masalah

"Kan yang ditangkap kadernya, ya penting untuk keduanya bersikap ke publik sebagai ketua umum partai. Daripada terus dirugikan karena partainya terus digosipkan," terang Djayadi.

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor sependapat dengan Djayadi. Dia juga menyarankan Prabowo dan Mega segera bicara. Jangan diwakilkan lagi. "Kalau sosok pimpinan yang komunikatif, dia langsung bicara untuk menunjukkan keseriusan bersama memberantas korupsi," ucap Firman, saat dihubungi Rakyat Merdeka, semalam.

Baca juga : Geger, Kalau Jokowi Sampai Pilih Fadli Zon

Menurut dia, Prabowo dan Mega bisa memanfaatkan momen ini untuk mendongkrak namanya. "Yang disorot memang Gerindra dan PDIP, tapi ada sisi lain yang menguntungkan Prabowo dan Mega. Yaitu komitmen memberantas korupsi," pungkasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.