Dark/Light Mode

Ngadu Ke Jokowi Demokrat Mau Diambil Alih, AHY Tuduh Siapa?

Senin, 1 Februari 2021 16:40 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) saat konferensi pers, di halaman DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (1/2). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) saat konferensi pers, di halaman DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (1/2). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dia lalu menceritakan kronologis isu pengambilalihan Partai Demokrat itu. Sekitar 10 hari lalu, pihaknya menerima laporan dan aduan dari pimpinan dan kader Partai Demokrat, baik pusat, daerah maupun cabang, tentang adanya gerakan dan manuver politik segelintir kader dan mantan kader Demokrat, serta melibatkan pihak luar atau eksternal partai, yang dilakukan secara sistematis.

Dia menyebut, gabungan pelaku gerakan ini ada lima orang. Terdiri dari 1 kader Demokrat aktif, 1 kader yang sudah 6 tahun tidak aktif, 1 mantan kader yang sudah 9 tahun diberhentikan dengan tidak hormat dari partai karena menjalani hukuman akibat korupsi, dan 1 mantan kader yang telah keluar dari partai 3 tahun yang lalu.

Baca juga : Demokrat Anggap Kerja Politiknya Tercapai

“Sedangkan yang non kader partai adalah seorang pejabat tinggi pemerintahan, yang sekali lagi, sedang kami mintakan konfirmasi dan klarifikasi kepada Presiden Joko Widodo. Para pimpinan dan kader Demokrat yang melapor kepada kami tersebut, merasa tidak nyaman dan bahkan menolak ketika dihubungi dan diajak untuk melakukan penggantian Ketum Partai Demokrat,” ucapnya.

Ajakan dan permintaan dukungan untuk mengganti paksa Ketua Umum Partai Demokrat tersebut, lanjutnya, dilakukan baik melalui telepon maupun pertemuan langsung. “Pengambilalihan posisi Ketum PD, akan dijadikan jalan atau kendaraan bagi yang bersangkutan, sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024 mendatang,” ungkapnya.

Baca juga : Masuk Kabinet, Jokowi Berhasil Taklukkan Prabowo Dan Sandi

Pengambilalihan ini, sambungnya, akan dilakukan dengan menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB). Pelaku gerakan menargetkan 360 orang para pemegang suara, yang harus diajak dan dipengaruhi, dengan imbalan uang dalam jumlah yang besar. Kata AHY, para pelaku merasa yakin gerakan ini pasti sukses, karena mereka mengklaim telah mendapatkan dukungan sejumlah petinggi negara lainnya. 

“Kami masih berkeyakinan, rasanya tidak mungkin cara yang tidak beradab ini dilakukan oleh para pejabat negara, yang sangat kami hormati, dan yang juga telah mendapatkan kepercayaan rakyat. Kami berharap semua itu tidak benar. Tetapi, kesaksian dan testimoni para kader Partai Demokrat yang dihubungi dan diajak bicara oleh para pelaku gerakan tersebut, memang menyebutkan hal-hal demikian,” paparnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.