Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perang Demokrat Jadi Perang Hoaks

Puan-Moeldoko Dilawan JK-AHY

Sabtu, 20 Maret 2021 06:40 WIB
Inilah dua poster duet Puan-Moeldoko dan JK-AHY yang viral di medsos, Jumat (19/3/2021). Dua poster ini dipastikan hoaks. (Foto: Istimewa)
Inilah dua poster duet Puan-Moeldoko dan JK-AHY yang viral di medsos, Jumat (19/3/2021). Dua poster ini dipastikan hoaks. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jagad dunia maya kemarin dihebohkan dua poster pasangan capres-cawapres 2024. Yang pertama muncul poster duet Puan Maharani dengan Moeldoko. Kemudian muncul poster kedua, Jusuf Kalla (JK) duet dengan AHY. Ada yang yakin, kedua poster ini dimunculkan terkait kelanjutan dari perang Demokrat antara AHY dan Moeldoko.

Poster Puan-Moeldoko beredar sejak Kamis (18/3) di grup-grup WhatsApp dan Twitter misalnya. Dalam poster yang diposting akun @AchmadAnnama, foto Puan dan Moeldoko yang dipasang berdampingan, kompak mengenakan kemeja putih. Di atasnya, dibikin judul tebal: Deklarasi dan Dukungan Capres-Cawapres 2024. Di bawah foto, ada jadwal deklarasinya: Senin, 29 Maret 2021. Jam 13.00-16.00 WIB. Tempatnya di The Royal Ballroom JW Mariott Hotel Surabaya.

“Puan Maharani-Moeldoko Capres-Cawapres 2024 Bakal Dideklarasikan Di Kota Surabaya?” tanya akun @AchmadAnnama, Kamis (18/3).

Baca juga : Munarman Mau Bantu Kubu AHY, Kubu Moeldoko Sindir SBY

Dalam poster ini juga tercantum nomor kontak untuk registrasi: 081230648116. Ada pula alamat website penyelenggara, yakni www.probaktinkri.id. Tapi, hingga tadi malam, nomor kontak maupun url website, tak bisa diakses.

Sehari kemudian, muncul poster pasangan Capres dan Cawapres lain. Yakni Jusuf Kalla (JK)-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Isinya juga lengkap dengan keterangan waktu dan tempat deklarasi. Waktunya lebih cepat sepekan dari poster Puan-Moeldoko. Yakni, Senin, 22 Maret 2021 di Hotel Fairmont, Jakarta. Jam 13.00-16.00 WIB.

Bedanya, jika Puan-Moeldoko mengenakan setelan pakaian warna putih-putih, dalam poster ini, JK-AHY mengenakan pakaian warna hitam-hitam. Desain poster JK-AHY juga ada beberapa versi. Versi pertama, terlihat lebih profesional dan rapi. Dengan warna latar kuning, juga ada bendera merah putih di belakang keduanya. Lalu, ada pita yang bertuliskan JK-AHY, di bawahnya, ada angka 2024. Namun, tidak ada kontak maupun laman website-nya. Versi lain, desainnya khas warna Partai Demokrat. Didominasi warna biru. Dengan logo mercy dan jargon Demokrat SI4P! di atas foto JK dan AHY. Keterangan waktu dan tempatnya sama dengan poster sebelumnya.

Baca juga : Yasonna Ogah Temui AHY Dan Moeldoko

Orang dekat JK, Husain Abdullah mengaku punya desain lain dengan keterangan yang berbeda dengan 2 versi poster sebelumnya. Warna latar biru, lalu ada perisai segi lima seperti logo Golkar dengan posisi miring ke kiri. Di dalamnya ada foto JK dan AHY.

Jika sebelumnya, deklarasi digelar di Jakarta, poster ini justru mencantumkan acara deklarasi di Makassar. Tepatnya di Macora Ballroom, The Rinra Hotel. Tanggalnya malah sama dengan deklarasi Puan-Moeldoko yakni Senin, 29 Maret 2021. Di poster ini dibubuhkan nomor kontak untuk informasi dan registrasi.

Ucheng, sapaan akrab Husain memastikan poster tersebut adalah hoaks. Namun, ia tak ambil pusing. “He-he-he..,” Ucheng ketawa, merespons poster-poster deklarasi hoaks itu ketika dikonfirmasi Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Yasonna Maju Kena Mundur Kena

Ia mengaku, keluarga dan kerabat JK sempat kaget dengan poster ini. “Pada bertanya, itu siapa yang bikin? itu aja sih,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.