Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gabung Koalisi, Elektabilitas PAN Naik Signifikan

Kamis, 9 September 2021 13:56 WIB
Ketua Umum Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dominasi 3 besar partai politik: PDIP, Gerindra, dan Golkar dalam peta elektabilitas parpol masih sangat terasa.

Dalam survei teranyar yang dirilis Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) pada Rabu (8/9), PDI Perjuangan masih bertahan di urutan teratas dengan elektabilitas 18,4 persen. Disusul Partai Gerindra 11,1 persen dan Partai Golkar 10.5 persen.

"Perolehan ini nyaris mirip dengan Pemilu 2019. Ada indikasi belum ada perubahan signifikan pemilih. Tiga besar ini cukup kuat," kata Direktur Eksekutif ASI Ali Rif'an dalam paparannya, Rabu (8/9).

Berita Terkait : Survei ASI: Ditinggal Amien, Elektabilitas PAN Dan Zulhas Melejit

Dinamika mencolok, terlihat di kelas menengah. Ada peningkatan popularitas Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Keduanya dianggap memiliki perubahan signifikan, lantaran memposisikan diri sebagai kelompok oposisi.

"Kelas menengah lebih agresif, Nasdem 8,5 persen, Demokrat 8,2 persen, PKB 7,9 persen, dan ini paling menonjol, PAN secara mengejutkan memperoleh 6,1 persen," ujarnya.

Berita Terkait : Fasilitas Publik Dibuka Lagi

Menurut Ali, perolehan angka tersebut cukup positif bagi partai yang baru saja merapat dengan pemerintah itu.

"Ini capaian bagus, karena selama ini suara Demokrat cenderung meningkat berkat maraknya pemberitaan di media. Namun, PAN yang cukup senyap, tetapi mampu mengalahkan PKS yang hanya raih 5,9 persen," pungkasnya. [HES]