Dark/Light Mode

Ditegaskan Hasto

PDIP Menolak Jokowi 3 Periode

Minggu, 19 September 2021 07:45 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Dok. PDIP)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Dok. PDIP)

 Sebelumnya 
Presiden Jokowi sendiri sudah berulang-ulang kali menolak presiden 3 periode dan perpanjangan masa jabatan. “Saya kan sudah bolak-balik jawab, mau jawab apa lagi?” kata dia.

Bagaimana tanggapan pengamat? Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin mengapresiasi, sikap PDIP yang menolak jabatan presiden 3 periode dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Baca juga : KPU Hapus Data NIK Presiden Jokowi Dari Website

Menurut dia, sikap tegas PDIP bisa meredam wacana usulan presiden 3 periode atau perpanjangan masa jabatan presiden. Pasalnya sebagai partai pendukung utama Jokowi, PDIP juga partai terbesar.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio mengatakan, dengan adanya penolakan Jokowi dan PDIP, isu perpanjangan masa jabatan presiden harus ditutup.

Baca juga : Hasil Survei CISA, 58 Persen Responden Tolak Presiden 3 Periode

“Ya, ini (wacana perpanjangan masa jabatan presiden) harus ditutup buku. Yang mesti menutup adalah Ketua MPR dan seluruh ketua parpol,” kata Hendri.

Lalu apa tanggapan komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) yang mendukung Jokowi 3 Periode? Penasehat JokPro M Qodari tidak ambil pusing sikap PDIP. Karena JokPro hanya menyampaikan gagasan di masyarakat. Ia juga percaya bahwa gagasan yang dibawa sebenarnya ada di benak masyarakat.

Baca juga : Survei CISA: Mayoritas Tolak Wacana Presiden 3 Periode

Alasan Jokpro mendukung Jokowi 3 periode sangat untuk menghindari ancaman polarisasi. Belajar dari pengalaman di Amerika Serikat dan Afghanistan bahwa pembelahan di masyarakat sangat berbahaya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.