Dark/Light Mode

Lampaui Sandiaga Uno Dan AHY

Elektabilitas Ridwan Kamil Nomor Satu Dalam Survei Cawapres

Jumat, 21 April 2023 19:42 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Ist)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan 8-13 april 2023, elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden (cawapres) masih paling tinggi.

Mantan Wali Kota Bandung itu mengalahkan tokoh lain, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut, berdasar survei tersebut pihaknya mencatat, elektabilitas pria yang akrab disapa RK itu berada pada angka 19,7 persen.

"Di bawah RK, Sandiaga Uno mendapat dukungan dari 18,4 responden. Sementara dukungan untuk Erick Thohir berada cukup jauh dari RK maupun Sandi Uno. Yakni 11,8 persen," kata Burhanuddin, di Jakarta, Jumat (21/4).

Baca juga : Berkat Kerja Keras Lobi FIFA, Elektabilitas Erick Sebagai Cawapres Terkerek

Di luar tiga nama tersebut, lanjut dia, ada nama AHY, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, dan Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas tidak sampai sepuluh persen.

”Jadi, elektabilitas cawapres ini tidak terlalu jauh beda dengan sebelumnya. Terutama untuk empat nama teratas. Ridwan, Sandi, Erick, dan AHY,” imbuhnya.

Burhanuddin juga menyebut, selain sebagai Cawapres tahun depan, nama RK juga kembali muncul dalam hasil survei Capres. Dia menempati posisi empat dalam hasil survei telepon Indikator Politik Indonesia.

"Elektabilitasnya sebagai capres adalah 4,8 persen. Angka itu menempatkan RK sebagai Capres unggulan yang elektabilitasnya sebagai cawapres paling tinggi bila dibandingkan cawapres lain dalam survei tersebut," tuturnya.

Baca juga : Laskar Merah Putih Siap Jaga Stabilitas Toleransi Beragama Di Lampung

Di posisi teratas sebagai capres, Indikator Politik Indonesia mendapati nama Prabowo Subianto dengan elektabilitas 22,2 persen, Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 19,8 persen, serta Anies Baswedan dengan elektabilitas 15,9 persen.

”Dalam survei telepon kami setahun terakhir, baru kali ini Pak Prabowo kembali menyalip Ganjar Pranowo,” ungkap dia.

Survei itu mencatat performa Ganjar menurun setelah menolak Tim Nasional U-20 Israel datang ke Indonesia. Indikator Politik Indonesia melaksanakan survei telepon itu dengan metode Random Digit Dialing atau RDD.

Secara keseluruhan ada 1.212 responden yang dilibatkan dalam survei tersebut. Seluruhnya dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Baca juga : Survei LSI, Ridwan Kamil Duduki Posisi Teratas Cawapres

Margin of error dalam survei itu diperkirakan berada pada angka lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.