Dark/Light Mode

Imin Tinggalkan Koalisi

Prabowo Legowo

Sabtu, 2 September 2023 07:45 WIB
Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram @cakiminnow)
Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram @cakiminnow)

 Sebelumnya 
Terkait keluhan PKB yang tak dili­batkan dalam pergantian nama koalisi, Dasco menegaskan, pergantian nama dari Koalisi Indonesia Raya (KIR) menjadi Koalisi Indonesia Maju (KIM) bukan bermaksud menying­kirkan PKB dari koalisi. Apalagi mengurangi kewenangan Imin untuk menentukan Cawapres Prabowo.

Menurutnya, penamaan KIM terjadi spontan pada perayaan HUT PAN, 29 Agustus lalu. Saat itu, Prabowo meli­hat semua partai koalisi adalah bagian dari Kabinet Indonesia Maju yang sama-sama bertujuan melanjutkan program Presiden Jokowi. "Nama ko­alisi yang baru, semata untuk menjaga soliditas koalisi," ucap Dasco.

Baca juga : PKB Ke Anies, Kans Airlangga Cawapres Prabowo Tambah Besar

Dasco menambahkan, pada prinsipnya Gerindra menghormati keputusan Imin. Dia pun mengajak Imin untuk bersama-sama menjaga iklim Pemilu yang akan datang dengan sejuk dan damai.

Lalu, bagaimana respon anggota ko­alisi Prabowo? Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay menyayangkan sikap Imin yang tiba-tiba pindah ko­alisi. Apalagi, Imin juga tidak pamitan dengan anggota koalisi lain.

Baca juga : Jokowi Bolehkan Indonesia Maju Dipakai Prabowo

“PKB sudah sepantasnya pamitan dengan semua partai Koalisi Indonesia Maju. Sikap itu tentu akan sangat pa­triotik dan kesatria. Waktu bergabung dulu kan sangat baik," ujar Saleh, kepada wartawan, kemarin.

Terkait posisi koalisi ke depan, Saleh mengatakan, bakal dibahas lebih lanjut oleh para ketua umum partai koalisi.

Baca juga : Elektabilitasnya Turun, Koalisi Gemuk Belum Ngefek Ke Prabowo

Hal itu dibenarkan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Dia menegaskan, posisi koalisinya dengan parpol pendukung Prabowo akan digodok ulang. Termasuk membahas soal sosok yang bakal dipilih sebagai Cawapres Prabowo. "Nanti akan ada pembicaraan. Nanti kita lihat," kata Airlangga, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.