Dark/Light Mode

Kekhawatiran Bawaslu

Pakai Silon Lagi, Data Capres Sulit Diakses Lagi

Minggu, 8 Oktober 2023 06:45 WIB
Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty. (Foto: dok Bawaslu)
Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty. (Foto: dok Bawaslu)

 Sebelumnya 
Lolly menuturkan, saat ini pihaknya masih menunggu jadwal sidang pembacaan putusan DKPP terhadap perkara Nomor 106-PKE-DKPP/VIII/2023 yang diajukan seluruh pimpinan Bawaslu.

“Apapun hasilnya, sekali lagi apapun hasilnya, maka secara kelembagaan Bawaslu tentu akan menghormati. Jadi ini tinggal menunggu detik-detik putusan DKPP akan seperti apa,” katany.

Baca juga : Kebutuhan Pekerja IT Kian Tinggi, Data Academy Kreasikan Talent Pool Digital

Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jeirry Sumampow memprediksi, DKPP dalam menetapkan keputusannya kepada KPU hanya sebatas peringatan keras saja. DKPP, kata dia, tidak dapat mendesak untuk membuka akses silon secara menyeluruh.

“Menurut saya, tanpa bermaksud untuk mendahului putusan, sulit untuk mem­bayangkan DKPP akan mengatakan KPU untuk membuka data Silon,” katanya.

Baca juga : Habibi Buktikan Kerjanya Sebagai Calon Wakil Rakyat Di Jakarta

Jeirry menegaskan, prinsip keterbu­kaan akses Silon oleh KPU harus dilaku­kan. Tujuannya, kata dia, agar kontestasi Pemilu 2024 tidak menjadi ajang beli kucing dalam karung.

“Maka itu sebetulnya gugatan Bawaslu sudah betul,” kata Jeirry.

Baca juga : Tok, KPU Sah Langgar Aturan Nomut Bacaleg

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 8/10/2023 dengan judul Kekhawatiran Bawaslu, Pakai Silon Lagi, Data Capres Sulit Diakses Lagi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.