Dark/Light Mode

Dapil Jawa Tengah VIII

Anak Eks Menteri Lawan Anak Ketua Banggar

Minggu, 26 November 2023 08:00 WIB
Dapil Jawa Tengah VIII Anak Eks Menteri Lawan Anak Ketua Banggar

 Sebelumnya 
Kedua putra pejabat ini, sama-sama mendapat nomor urut 2. Persamaan lainnya, keduanya merupakan pendatang baru dari kalangan muda dan siap bersaing dengan para petahana.

Selain petahana dan dua putra pejabat, beberapa incumbent DPRD tingkat I dan II juga ada yang maju ke Pusat. Sebut saja Jasiman yang merupakan anggota DPRD Jateng dari PKS, serta Mustolih kader PAN.

Ada juga Saiful Hadi yang merupakan petahana DPRD Banyumas. Dari kalangan mantan pejabat, ada Achmad Husein, Bupati Banyumas yang baru menyelesaikan masa jabatannya September lalu.

Baca juga : Bamsoet Ditantang Kakak Ipar Ganjar

Apa tanggapan penantang baru melihat ketatnya persaingan di Dapil Jateng VIII? Caleg PKS Dapil Jateng VIII, Yanuar Arif Wibowo mengaku basis PDIP di Jateng mengakar. Termasuk di Dapil Jateng VIII. “Kalau komposisi kursi PDIP 2, Golkar 2, Demokrat 1, Gerindra 1, NasDem 1, dan PKB 1. Memang persaingan ketat juga,” kata Arif saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka, Sabtu (25/11/2023).

Namun, diungkapkannya, setiap partai punya basis masing-masing. Partai juga punya strategi pemenangan yang berbeda. “Kalau sekarang, peta tiap lima tahun berubah. Di 2019, Golkar dapat dua karena ada pengaruh Kepala Daerah. Sekarang beliau tidak lagi menjabat. Artinya ada peluang siapapun, termasuk PKS kirim satu ke Senayan,” sebutnya.

Terpenting, kata dia, mau turun ke masyarakat. Terutama ke sirkel pemilih muda. Walaupun demografi Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas bukan tipikal perkotaan.

Baca juga : 2 Eks Bupati Dan Artis Siap Goyang Kursi Petahana

“Kalaupun dibilang kota, basis anak mudanya banyak main di Purwokerto aja, karena ada kampus. Selebihnya, demografinya itu pedesaan. Namun, baby boomers di dapil ini sudah melek politik,” tutur dia.

Arif yakin bisa lolos ke Senayan walaupun tanpa nama beken di belakangnya. “Di luar takdir Allah, saya 90 persen yakin. Karena saya bangun basis suara di desa-desa. Berbasis TPS lah,” aku Arif.

Sementara Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menganggap tidak ada penantang baru yang punya popularitas tinggi dari dapil ini. Muka lama masih mendominasi.

Baca juga : Putri Puan Diharapkan Gondol Kursi Ke-5

“Secara umum Dapil Jateng VIII tidak banyak perubahan. Petahana masih potensial menguasai wilayah dan berpeluang kembali duduk di parlemen masa pemilihan 2024 mendatang,” nilai Dedi kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (25/11/2023).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 26/11/2023 dengan judul Dapil Jawa Tengah VIII, Anak Eks Menteri Lawan Anak Ketua Banggar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.